ASRA'I, DEDE (2017) PENGARUH KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMPN 2 Petir Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
HALAMAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (451kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (264kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
bab II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (306kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (262kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (532kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (215kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kedisiplinan belajar siswa pada saat ini semakin memudar, banyak siswa yang datang terlambat ketika masuk kelas, berpakaian tidak sesuai aturan yang ditetapkan, lalai dalam mengerjakan tugas-tugas khususnya pada matapelajaran PAI di SMPN 2 Petir. Oleh karena itu perlu ada suatu kegiatan yang mampu mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa seperti Kegiatan Pramuka. Landasan teori yang peniliti gunakan adalah teori yang di gagas oleh Slameto yang mengatakan bahwa kedisiplinan adalah sikap mental yang dapat dimiliki melalui latihan batin, untuk selalu mentaati tata tertib dalam keadaan bagaimanapun. berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kedisiplinan belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Petir? 2) bagaimana kegiatan pramuka yang ada di SMPN 2 Petir? 3) apakah terdapat pengaruh kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Petir? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Petir, untuk mengetahui kegiatan pramuka yang ada di SMPN 2 Petir, untuk mengetahui pengaruh kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Petir. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif korelasi. Analisisnya menggunakan analisis data yaitu persiapan, tabulasi dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. adapun populasi sasaran daam penelitian ini berjumlah 400 siswa yang diambil dari kelas VII, VIII, dan IX dengan 10 % dari jumlah populasi yaitu 40 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Kedisiplinan Belajar Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kategori baik, pelaksanaan Kegiatan Pramuka yang ada di SMPN 2 Petir dalam kategori baik, dan terdapat pengaruh yang sangat tinggi antara Kegiatan Pramuka terhadap Kedisiplinan Belajar pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Petir yaitu sebesar 77, 44 %.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | KEGIATAN PRAMUKA; KEDISIPLINAN BELAJAR |
Subjek: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam dan Mathemetics > 507 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 07 Apr 2017 00:15 |
Perubahan Terakhir: | 07 Apr 2017 00:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/295 |
Actions (login required)
Lihat Item |