Hubungan Kecerdasan Kognitif Dengan Keterampilan Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

BAHAUDIN., BAHAUDIN. (2018) Hubungan Kecerdasan Kognitif Dengan Keterampilan Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (39kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (351kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (SKRIPSI FULL)
skripsi full.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan kognitif dengan keterampilan peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pandeglang dan mengetahui tingkat hubungan kecerdasan kognitif dengan keterampilan peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Pandeglang.bertitik tolak dari rumusan masalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan kognitif dengan keterampilan peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam. Penulis menggunakan teknik observasi dan tes yang dilakukan di kelas VII SMP negeri 3 Pandeglang. Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan kognitif dengan keterampilan peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian korelasional, dengan mengambil subjek seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pandeglang dan sampel berjumlah 49 siswa dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil analisis korelasional, hubungan kecerdasan kognitif dengan keterampilan peserta didik pada pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 pandeglang ini diperoleh dari data koefisien korelasi sebesar 0,67 berada diantara (0,60-0,799) yang berarti kedua variabel tersebut terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Berdasarkan uji signifikan antara kecerdasan kognitif (variabel X) dengan keterampilan peserta didik pada pelajaran pendidika agama islam (Variabel Y). Adapun kontribusi variabel X dan variabel Y dengan koefisien determinasi diperoleh 44,89% sedangkan sisanya sebesar 55,11% dipengaruhi faktor lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2018 02:34
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2018 02:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.