Suryani, Siti Sri (2018) Peran Guru dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi di MTs Malnu Pusat Menes Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (182kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI siap print bener.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (531kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I SIAP PRINT ani.....pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (256kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II ANIE SIAP PRINT.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (420kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III ANIE SIAP PRINT.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (183kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
bab iv ani siap print BENER 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (284kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V ani.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (74kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ANI JADI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (79kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui peran guru dalam pencapaian kompetensi dasar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VII MTs MALNU Pusat Menes dan Untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru dalam pencapaian kompetensi dasar Mata Pelajaran AL-Qur’an Hadits di kelas VII MTs MALNU Pusat Menes. Subjek dalam penelitian ini yaitu memilih guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : observasi, wawancara, dokumentasi, dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam pencapaian kompetensi dasar, sangat penting pada kompetensi dasar, sebagai tujuan dalam kurikulum yang bersifat kompleks artinya kurikulum berdasarkan kompetensi bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman kecakapan, nilai, sikap dan minat agar mereka dapat melakukan sesuatu dalam bentuk kemahiran disertai tanggung jawab. Jadi peran guru dalam pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu guru sangat berperan penting dalam proses pembelajaran karena tanpa adanya peran guru maka kegiatan belajar mengajar tidak bisa berjalan dengan semestinya. Terutama untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang memfokuskan pada pemahaman tentang baca tulis Al-Qur’an dan Hadits secara baik dan benar, sehingga tidak dapat dilakukan dengan baik oleh seorang guru tanpa persiapan. Sedangkan Usaha guru dalam pencapaian kompetensi dasar dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu menghafal dengan cara itu banyak mengulang ayat Al-Qur’an tersebut kemudian peserta didik mengingat ayat Al-Qur’an tersebut. Selanjutnya membaca dengan cara guru menuliskan ayat Al-Qur’an tersebut di papan tulis kemudian guru membacanya dan meminta peserta didik untuk mengikutnya. Dan menulis dengan cara guru memberikan metode imla kepada peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2018 00:50 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2018 00:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2913 |
Actions (login required)
Lihat Item |