UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MENYAMPAIKAN PESAN MELALUI TELEPON SESUAI DENGAN ISI PESAN DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE TTW (Think-Talk-Write)(PTK di Kelas IV SD Negeri Kaliwadas Kota Serang)

HASANAH, FAUZIATUL (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MENYAMPAIKAN PESAN MELALUI TELEPON SESUAI DENGAN ISI PESAN DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE TTW (Think-Talk-Write)(PTK di Kelas IV SD Negeri Kaliwadas Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (351kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (119kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (330kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (300kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (607kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berbahasa yan g kurang berkembang dan memuaskan pada kelas IV dalam pembelajaran b ahasa Indonesia pada pokok bahasan menyampaikan pesan melalui telepon di SD Negeri Kaliwadas Kota Serang . Hal ini memberikan catatan bagi peneliti untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berbahasa dan hasil belajar siswa pada pembelajaraan bahasa Indonesia pokok bahasan menyampaikan pesan melalui telepon sesuai dengan isi pesan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berbahasa menyampaikan pesan melalui telepon sesuai dengan isi pesan dengan menggunakan metode kooperatif tipe Th ink - Talk - Write . 2) Bagaimana aktivitas be lajar siswa dalam pembelajaran b ahasa Indonesia pada kompetensi dasar menyampaikan pesan melalui telepon sesuai dengan isi pesan dengan menggunakan metode kooperatif tipe Th ink - Talk - Write . Adapun t ujuan yang ingin dicapai adalah: 1). Untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemampua n berbahasa dan hasil belajar menyampaikan pesan melalui telepon sesuai dengan isi pesan dengan menggunakan metode kooperatif tipe Th ink - Talk - Write . 2). Untuk mengetahui aktivitas be lajar siswa dalam pembelajaran b ahasa Indonesia pada kompetensi dasar menyampaikan pesan melalui telepon sesuai dengan isi pesan dengan menggunakan metode kooperatif tipe Th ink - Talk - Write . Manfaat dari penelitian ini adalah untu k mengembangkan model pembelajaran yang dapat memperbaiki da n meningkatkan akltivitas belajar bahasa indonesia, meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan dapat dijadikan tolak ukur proses dan aktivitas belajar pada umumnya. Metode penelitian yang di guna kan adalah metode penelitian tinda kan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun Subjek dan lokasi penelitian tindakan kela s adalah 32 iii orang siswa kelas I V SD Negeri Kaliwadas K ota Serang tahun ajaran 2014 - 2015. Berdasarkan h asil penelitian di lapangan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil nilai r ata - rata siklus I ialah 61,09 dengan presentase ketuntasan 43,75% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II, yaitu 75,62 atau dengan presentase ketuntasan sebesar 90,62%. 2 ) Hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh persentase 78,57% atau masuk ke dalam kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 8 9,28% kategori sangat baik. Oleh karena itu , dapat dinyatakan bahwa proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Think - Talk - Write dapat meningkatkan ak tivitas dan hasil belajar siswa . Adapun kesimpu lan yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode kooperatif tipe Think - Talk - Write lebih aktif dan efektif dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung dengan menggunakan metode pembelajaran berupa demonstrasi atau peragaan. Hal ini dapat dilihat pada tabel hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan rata - rata nilai pada siklus I 61,09 atau dengan presentasi 43,75% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II, yaitu dengan nilai rata - rata 75,62 atau dengan presentase sebesar 90,62%. 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Think - Talk - Write juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, persentase penilaian aktivitas sisw a p ada siklus I yaitu 78,57% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 8 9,28%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2018 00:47
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2018 00:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.