PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS V MI-MA CIBEBER GIRANG (Penelitian di Kelas V MI.MA.Cibeber Girang Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak).

HAERANI, TATI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS V MI-MA CIBEBER GIRANG (Penelitian di Kelas V MI.MA.Cibeber Girang Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (65kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAKS.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB)
[img] Teks (BAB I-V)
BAB I - BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB)

Abstrak

Banyak cara dan tekhnik yang dilakukan oleh guru di sekolah dari mulai belajar di kelas, bi,bingan langsung dan contoh-contoh dengan harapan agar siswa memiliki ketangkasan, keterampilan dan disiplin ilmu. Namun kenyataannya masih ada siswa yang kurang bahkan belum mampu menyelesaikan soal-soal matematika, sehinggga nilai yang dihasilkan masih rendah. Hal ini menarik penulis untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kemampuan siswa adalah suatu yang harus dilakukan dalam arti luas dilingkungan pendidikan dapat diartikan sebagai proses belajar siswa didorong untuk berpartisifasi aktif sesuai dengan kemampuan yang berbeda-beda yang tekanannya yaitu lingkungan dimana siswa dapat melakukan eksflorasi (penjelajahan). Metode adalah cara yang dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan.Belajar adalah suatu proses adaptasi (penyesuaian) tingkah laku yang berlangsung secara progresif untuk memperoleh kebiasaan, ilmu pengetahuan dan berbagai sikap. Problem solving adalah proses dimana seorang siswa atau kelompok siswa menerima tantangan yang berhubungan dengan persoalan matematika, dimana penyelesaiannya tidak langsung bisa ditentukan dengan mudah dan penyelesaiannya memerlukan ide matematika. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V MI.MA Cibeber Girang dimana siswa lebih diberikan kebebasan dalam berfikir serta bebas mencari ide-ide dalam upaya memecahkan masalah yang dihadapi. Kesimpulan yang dapat diambil dari Penelitian Tindakan Kelas ini bahwa kemampuan siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan mengalamai kemajuan yang positif. Hal ini terbukti dari hasil pencapaian nilai siswa dari setiap siklus yang dilakukan. Pencapaian sebelum PTK dilakukan nilai rata-rata siswa pelajaran matematika dari 16 siswa kelas V hanya berkisar 5,25 Setelas diadakan PTK pada siklus satu peningkatan mencapai 6,81 dan pada siklus dua peningkatan menjadi 9,12. Dilihat dari persentase pada siklus satu mencapai 50% dan pada siklus dua terjadi peningkatan menjadi 100%. Hal ini menunjukkan pengaruh yang positif dengan penggunaan metode Problem solving.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2018 04:06
Perubahan Terakhir: 12 Nov 2018 04:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.