PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA NERACA BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN (Kuasi Eksperimen di Kelas II SDN Tegal Kidong-dong Kec. Ciwandan Kota Cilegon)

NADA, KUTROTUN (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA NERACA BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN (Kuasi Eksperimen di Kelas II SDN Tegal Kidong-dong Kec. Ciwandan Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (SKRIPSI)
SKRIPSIKU.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh dan signifikansi alat peraga neraca bilangan terhadap hasil belajar matematika operasi hitung perkalian dan pembagian di kelas II SDN Tegal Kidong-dong. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen one group design dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Pada observasi dilakukan sebanyak tiga kali observasi, yaitu sebelum perlakuan (pretest), pemberian perlakuan (treatment), dan sesudah pemberian perlakuan (posttest). Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian berjumlah 41 siswa. Berdasarkan hasil analisis akhir, didapatkan nilai rerata siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Sebelum menerima perlakuan, nilai rerata siswa yaitu 60,44, setelah diberikan perlakuan nilai rerata siswa 85,28. Kemudian berdasarkan nilai signifikansi didapatkan nilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga neraca bilangan pada operasi perkalian dan pembagian. Pengujian pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 untuk analisis datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dan signifikansi penggunaan alat peraga neraca bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa materi operasi perkalian dan pembagian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:20
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.