MUTAWARIDA, SITI (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DESIMAL MELALUI METODE OPEN ENDED LEARNING (PTK Pada Kelas V SDN Serdang 1 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (134kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (310kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I. REV docx.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II. ok.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III rev.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (258kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (172kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, menunjukkan hasil yang belum optimal di m ana salah satu faktornya adalah penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang masih konvensional . Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode Open - Ended Learning (OEL). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode open - ende d learning, aktivitas dan prestasi belajar siswa SDN Serdang 1 dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode open - ended learning, aktivitas dan prestasi belajar siswa SDN Serdang 1 dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 pada tanggal 11 Mei 2015 dan 20 Mei 2015 di kelas V SD Negeri Serdang 1 Kecamatan Kramatwatu Kabu paten Serang, dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan tes. Untuk menjawab permas a lahan tersebut peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang digunakan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empa t komponen: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dirancang sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya memuat keempat komponen kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metod e open - ended learning pada pembelajaran materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal diterapkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan , aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Serdang 1 dan memunculkan ide atau gagasan kreatif siswa dengan menemukan cara/strategi yang berbeda dalam penyelesaian soa l operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal . Hal ini dapat dilihat pada nilai rata - rata hasil tes kemampuan siswa yang ter us meningkat pada setiap siklusnya yaitu, 70,43 pada siklus I menjadi 83,62 pada siklus II
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2018 02:16 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2018 02:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2731 |
Actions (login required)
Lihat Item |