Faridah, Sofa Sofiatul (2017) Penerimaan Anak Normal terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
cover skripsi baru.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (489kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I-5 baru - b5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (922kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Anak berkebutuhan khusus dan anak normal pada umumnya membutuhkan layanan pendidikan yang sesuai dengan minat, kebutuhan dan kemampuan anak. Setiap anak sangat rentan dalam berbagai masalah terutama masalah anak normal yang tidak menerima anak berkebutuhan khusus sehingga anak normal berperilaku yang tidak sesuai sehingga tidak mampu menyesuaikan diri seperti yang dialami beberapa narasumber siswi di SMA Muhammadiyah Cilegon. Dari latar belakang di atas terdapat beberapa pertanyaan, diantaranya: 1) Bagaimana kondisi Anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah Cilegon? 2) Bagaimana bentuk penolakan anak normal terhadap anak berkebutuhuhan khusus di SMA Muhammadiyah? 3) Bagaimana langkah-langkah guru bimbingan konseling dalam mengatasi penolakan anak normal terhadap anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah Cilegon? 4) Bagaimana perubahan perilaku anak normal terhadap anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah Cilegon? Adapun Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kondisi Anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah Cilegon, 2) untuk mengetahui bentuk penolakan anak normal terhadap anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah Cilegon, 3) untuk mengetahui langkah-langkah guru bimbingan konseling dalam mengatasi penolakan anak normal terhadap anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah Cilegon, 4) untuk mengetahui perubahan perilaku anak normal terhadap anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah Cil egon. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMA Muhammadiyah Cilegon. Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini pertama, Anak berkebutuhan khusus di sekolah SMA Muhammadiyah Cilegon kondisinya sangat perlu di perhatikan, mereka sulit untuk menyesuaikan diri dan juga sulit dalam belajar secara optimal. Kedua, anak normal yang tidak menerima anak berkebutuhan khusus cenderung berperilaku menjauhkan diri, memanfaatkan anak berkebutuhan khusus, mengusili, dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan anak berkebutuhan khusus. Ketiga, bahwa proses konseling melalui bimbingan pribadi dan konseling kelompok berjalan dengan baik. Kini mereka mampu menerima dan bisa menyesuaikan dirinya dengan anak berkebutuhan khusus.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 07 Apr 2017 00:14 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 04:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
Lihat Item |