SIROJ, RIZA MUNAWIR SIROJ (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEASWAJAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA(Studi di SMA Plus MALNU Pusat Menes-Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (181kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (478kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (144kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (9kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan merupakan usaha melestarikan, mengalihkan dan mentransformasi nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan jenisnya kepada generasi berikutnya. Begitu juga dengan pendidikan Islam adalah salah satu bentuk manifestasi dari cita-cita hidup Islam untuk melestarikan, mengalihkan, menginternalisasikan serta mentransformasikan nilai-nilai Islam ke generasi berikutnya, sehingga nilai-nilai kultur religius tetap akan berfungsi. Sekolah merupakan wadah bagi siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan, mengembangkan potensi dan menyalurkan bakat serta minatnya, oleh karena itu sekolah merupakan tumpuan dari orang tua siswa agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang layak sebagai bekal mereka di masa depan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pendidikan keaswajaan di SMA Plus MALNU Pusat Menes Pandeglang ? Bagaimana implementasi pendidikan keaswajaan terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Plus MALNU Pusat Menes Pandeglang ? Bertitik tolak dari permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui proses pendidikan keaswajaan di SMA Plus MALNU Pusat Menes Pandeglang. Untuk mengetahui implementasi pendidikan keaswajaan terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Plus MALNU Pusat Menes Pandeglang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter yang diterapkan dalam lingkungan SMA Plus MALNU Pusat Menes Pandeglang adalah dengan menumbuhkan rasa kebiasaan siswa-siswi untuk melaksanakan tradisi NU. Seperti halnya yang telah dibahas di atas seperti Tahlil, Ziarah Kubur, Istighosah, Tawassul, Bedhug, Tabarrukan, Bilal pada salat jum’at dan tarawih, membaca Maulid al-barjanji dan mawlid al-Diba’iy, Manaqib Karamah, Khawariq li al-Adah, Ru’yat al Hilal, Qunut, Tarawih dan Witir 23 rakaat, biji tasbih, dan sebagainya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 01:58 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 01:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2662 |
Actions (login required)
Lihat Item |