ROMADONA, ERVINA TRI (2018) PENGARUH MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU (Studi Kasus pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Serang). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (229kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (334kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (615kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (417kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (414kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kinerja seorang guru merupakan komponen yang sangat menentukan dalam setiap upaya peningkatan mutu pendidikan. Pentingnya peranan guru dalam pembelajaran, maka dibutuhkan adanya upaya peningkatan kinerja guru melalui suatu pemberian bimbingan dan juga dorongan dari kepala sekolah. Bimbingan kepala sekolah terhadap guru berkenaan dengan kegiatan pembelajaran dikenal dengan istilah supervisi akademik. Adapun keinginan peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Manajemen Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru pada MTs Negeri di Kota Serang”. Masalah yang menjadi kajian dari penelitian ini adalah mengenai kinerja mengajar guru. Inti kajiannya difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja mengajar guru, diantaranya manajemen supervisi akademik dan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan tingkat manajemen supervisi akademik pada MTs Negeri di Kota Serang; (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan tingkat motivasi kerja pada MTs Negeri di Kota Serang; (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan tingkat kinerja mengajar guru pada MTs Negeri di Kota Serang; (4) Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kota Serang; (5) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kota Serang; (6) Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru MTs Negeri di kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, model yang digunakan adalah analisis jalur dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru MTs Negeri yang ada di Kota Serang yang berjumlah 71 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) Manajemen supervisi akademik pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Kota Serang berada pada kategori baik, dengan persentase sebesar 77,30 %; (2) Motivasi kerja yang telah terlaksana pada MTsN di Kota Serang secara keseluruhan rata-rata berada pada kategori sangat baik, dengan persentase sebesar 81,83 %; (3) Kinerja mengajar guru yang telah terlaksana pada MTsN di Kota Serang secara keseluruhan rata-rata berada pada kategori sangat baik, dengan persentase sebesar 91,87 %; (4) terdapat pengaruh langsung positif manajemen supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru dengan koefisien korelasi r = 0,40 dengan sumbangan pengaruhnya 6,76 %; (5) terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru dengan koefisien korelasi r = 0,39 dengan sumbangan pengaruh langsung sebesar 5,76%; (6) terdapat pengaruh langsung positif manajemen supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru dengan koefisien korelasi r = 0,42 dengan sumbangan pengaruhnya sebesar 47 %.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 25 Okt 2018 03:04 |
Perubahan Terakhir: | 25 Okt 2018 03:04 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2574 |
Actions (login required)
Lihat Item |