Pengaruh Metode Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. (Kuasi Eksperimen di Kelas XI MAN 1 Serang)”.

Ernawati., Ernawati. (2018) Pengaruh Metode Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. (Kuasi Eksperimen di Kelas XI MAN 1 Serang)”. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK DAN KAWAN-KAWAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (464kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (417kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (315kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (517kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (135kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di kelas tersebut masih didominasi oleh guru, khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Guru masih cenderung menggunakan metode konvensional dalam kegiatan pembelajaran dan siswa kurang dilibatkan secara aktif. Hasil belajar yang rendah khususnya pada mata pelajaran Fiqih masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu memberikan sebuah metode pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode active debate. Metode active debate dapat mengaktifkan seluruh kelas karena siswa dibagi ke dalam dua kelompok pro dan kontra. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MAN 1 Serang? (2) Apakah terdapat pengaruh metode active debate terhadap hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa. (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode active debate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MAN 1 Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Quasi Experiment (eksperimen kuasi). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata (M) 72,83. Hasil belajar siswa kelas kontrol dengan rata-rata (M) 58,33. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan pengajuan menggunakan uji-t jenis Independent sample t-test, data yang diperoleh thitung > ttabel, menunjukkan thitung = 6,484 dan ttabel = 1,688. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode active debate dengan yang tidak menggunakan metode active debate.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2018 03:11
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2018 03:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2527

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.