TRESNAWATI, TRESNAWATI (2018) PERBANDINGAN TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT SISWA KELAS XI MIPA DALAM KEAKTIFAN BERTANYA PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI(Studi di SMAN 6 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN, DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (312kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (FULL SKRIPSI)
BAB I - 5 Acc - revisi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKS)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (123kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya fenomena perbedaan keaktifan bertanya antara siswa yang berkepribadian introvert dengan siswa yang berkepribadian ektrovert. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan keaktifan bertanya pada siswa introvert dan ektrovert di SMAN 6 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan komparatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 siswa, yang terdiri dari kelas XI MIPA 2, XI MIPA 4, dan XI MIPA 5 SMAN 6 Kota Serang. Keaktifan bertanya siswa kelas XI MIPA di SMAN 6 Kota Serang pada proses pembelajaran PAI sangat beragam. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang dilakukan yaitu memiliki rata-rata keaktifan bertanya yang sedang, dengan persentase kategori tinggi sebesar 9% dengan jumlah 8 siswa, kategori sedang sebesar 63% dengan jumlah 58 siswa, dan kategori rendah sebesar 28% dengan jumlah 26 siswa. Terdapat perbedaan keaktifan bertanya pada siswa berkepribadian introvert dengan siswa yang berkepribadian ekstrovert di SMAN 6 Kota Serang. Hasil tersebut didapatkan dari pengolahan dengan menggunakan Independent- Sampel T Test yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Keaktifan bertanya pada siswa ekstrovert lebih tinggi dari siswa introvert, dengan rata-rata keaktifan bertanya pada siswa ekstrovert (19,42) lebih besar dibandingkan skor rata-rata keaktifan bertanya pada siswa introvert yaitu (14,00), dengan taraf signifikasi sebesar 0,000 dengan P < 0,005.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kepribadian introvert dan ekstrovert; Keaktifan Bertanya. |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 19 Okt 2018 02:32 |
Perubahan Terakhir: | 19 Okt 2018 02:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2490 |
Actions (login required)
Lihat Item |