Fauziah, Syifa (2017) Metode Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak Yatim (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling di Sanggar Genius Ceu Wita Yatim Mandiri Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (SAMPUL DEPAN)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI; ABSTRAK DLL)
print all.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (591kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (638kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II new.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III new.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (141kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (142kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tanggung jawab merupakan salah satu karakter yang wajib dimiliki oleh setiap orang, karena setiap orang harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Anak yang memiliki rendahnya sense of responsibility terlihat dalam diri anak-anak yang berada di Sanggar Genius Ceu Wita Yatim Mandiri cabang Kota Serang. Hal ini terlihat karena anak lebih senang bermain dengan temannya dari pada belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakter tanggung jawab anak di Sanggar Genius Yatim Mandiri? (2) Bagaimana metode bimbingan kelompok dalam membimbing anak untuk memiliki karakter tanggung jawab? Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui keadaan karakter tanggung jawab anak yang berada di Sanggar Genius Yatim Mandiri. (2) Mengetahui bagaimana metode bimbingan kelompok dalam membimbing karakter agar memiliki rasa tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian tindakan. Adapun data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Anakanak yang berada di Sanggar Genius Ceu Wita awalnya memiliki karakter tanggung jawab rendah seperti, tidak ingin belajar, selalu ingin bermain, iseng dengan temannya. 2) Metode bimbingan kelompok dengan pendekatan pengembangan dan menggunakan terapi behavioral yang dilakukan oleh peneliti dapat memberikan pengaruh pada perkembangan karakter tanggung jawab yang dimiliki oleh anak. hal ini terlihat dari hasil angket bahwa pada siklus I nilai rata-ratanya 78 dan pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 102.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Mar 2017 02:53 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 04:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
Lihat Item |