PENGARUH PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA YPP PANDAGLANG

NISA, INA SITI NURKHOLIFATUN (2017) PENGARUH PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA YPP PANDAGLANG. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER INA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
abstrak ina1.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB 1-5 REVISI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB)

Abstrak

Dalam proses belajar mengajar banyak faktor yang mempengaruhi nya salah satu faktor yang mempengaruhi nya minat belajar siswa adalah faktor guru. Kompetensi profesional guru pendidikan agama islam sangat berperan besar dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Namun, pada kenyataan nya minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA YPP masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di SMA YPP Pandeglang. 2)Bagaiamana minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA YPP Pandeglang. 3)Bagaimana pengaruh antara kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dengan minat belajar siswa di SMA YPP Pandeglang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di SMA YPP Pandeglang. 2)Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA YPP Pandeglang. 3)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dengan minat belajar siswa di SMA YPP Pandeglang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YPP Pandeglang dengan jumlah sampel 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial korelasional. Hasil penelitian ini menunjukan: pertama tingkat Kompetensi Profesional Guru 33,3% dalam katagori cukup, 56,6% dalam katagori baik, dan 10 % dalam katagori sangat baik. Kedua tingkat Minat Belajar Siswa 23,3% dalam katagori kurang baik, 43,3% dalam katagori baik, dan 33,3% dalam katagori sangat baik. Ketiga tingkat Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa kontribusi terhadap variable 57% sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM; MINAT BELAJAR
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:52
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.