EFENDI, WILDAN (2018) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYAIKH MUHAMMAD QUTHUB. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
Cover skripsi wildan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (127kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (295kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
bab 1-5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
P emikiran P endidikan Islam merupakan sistem tersendiri di antara berbagai sistem di dunia ini, s ejak awal pertumbuhan nya pemikiran pendidikan Islam telah tumbuh diatas dua sumber pokok yang amat penting yaitu Al - Qur'an dan Sunnah Nabi. Di dalam dua sumber tersebut terdapat ayat - ayat atau pesan - pesan yang mendorong manusia untuk belajar membaca dan menulis serta untuk menunt ut ilmu, memikirkan, merenungkan dan menganalisis ciptaan langit dan bumi. Namun krisis pendidikan yang terjadi di dunia islam saat ini semakin menjauhkan manusia dari fitrahnya seagai khalifah di bumi ini, maka seorang pemikir muslim bernama Muhammad Quth ub berpendapat bahwa Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya. Landasan teore tis yang digunakan oleh peneliti mengacu pada teori Muhammad Quthub tentang Sistem Pendidikan Islam. Pendidikan Islam dalam pandangan Muhammad Quth u b adalah pendidika n manusia seutuhnya; yaitu perpaduan antara akal, hati, rohani, jasmani, akhlak, keterampilan , serta segala aktivitasnya, baik berupa aktivitas pribadi maupun hubungan dengan masyarakat dan lingkungannya berdasarkan nilai - nilai moral Islam. Jadi, Pendidika n Islam adalah proses pembentukan in dividu berdasarkan nilai - nilai moral Islam yang paripurna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan studi kepustakaan ( library research ), yang bersumber pada data primer dan s ekunder melalui pen dekatan deduktif dan induktif. Adapun y ang menjadi sumber primer dalam penelitian ini ada lah karya - karya Muhammad Quthub , sedangkan sumber sekunder dalam pembahasan ini adalah pendapat para tokoh - t okoh lain yang berhubungan dengan kajian pendidikan Islam . Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Sistem Pendidikan Islam merupakan pendekatan yang menyeluruh terhadap manusia, Jadi, sistem Pendidikan Islam adalah suatu kesatuan komponen yang terdiri dari unsur unsur pendidikan yang bekerja sama untuk mencapai tujuan sesuai dengan ajaran Islam. Sistem Pendidikan Islam berlaku bagi seluruh ummat manusia, tidak hanya pada suatu daerah atau Negara saja. Sedangkan metode pendidik an islam adalah segala apa s aja yang dapat digunakan untuk membimbing anak agar menjadi manusia berkepribadian muslim.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 900 Sejarah > 901 Filsafat & Teori |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 09 Jul 2018 17:12 |
Perubahan Terakhir: | 09 Jul 2018 17:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2236 |
Actions (login required)
Lihat Item |