TERAPI ZIKIRDI MAS MATHLA’UL ANWAR MALINGPING(Studi Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dalam Mengurangi Kecemasan Siswa Kelas XII Menghadapi UN)

RUKOYAH, RUKOYAH (2018) TERAPI ZIKIRDI MAS MATHLA’UL ANWAR MALINGPING(Studi Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dalam Mengurangi Kecemasan Siswa Kelas XII Menghadapi UN). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (78kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
Abstrak, dll.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (435kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (235kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (331kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kecemasan dapat diartikan sebagai reaksi negatif individu akibat dari rangsangan ancaman yang belum seseorang alami. Setiap orang pasti pernah mengalami k ecemasan tidak terkecuali siswa ketika akan menghadapi ujian. Siswa yang akan menghadapi ujian nasional disebabkan oleh beberapa komponen yaitu: kekhawatiran ( worry ), emosionalitas ( imosionality ), serta gangguan dan hambatan dalam menyelesaikan tugas. Dar i latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk kecemasan siswa kelas XII di MAS Mathla’ul Anwar Malingping? 2) Bagaimana tahapan pelaksanaan terapi zikir di MAS Mathla’ul Anwar Malingping? 3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan terapi zikir di MAS Mathla’ul Anwar Malingping? . Sedangkan t ujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bentuk kecemasan siswa kelas XII di MAS Mathla’ul Anwar Malingping 2) Untuk mendeskripsikan tahapan pelaks anaan terapi zikir di MAS Mathla’ul Anwar Malingping. 2) Untuk mendeskripsikan Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan terapi zikir di MAS Mathla’ul Anwar Malingping. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan kon seling . Peneliti juga menggunakan pendekatan islami melalui metode terapi zikir. Data - data yang dikumpulkan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumen. Setelah peneliti mendapatkan gambaran gejala kecemasan, peneliti melakukan tindakan layanan bimb ingan dan konseling yaitu pendekatan islami melalui metode terapi zikir. Responden dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa yang mengalami gejala kecemasan di MAS Mathla’ul Anwar Malingping. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk kecemasan yang dialami 8 orang siswa kelas XII MAS Mathla’ul Anwar Malingping adalah jantung berdebar , tidur tidak nyenyak , minder terhadap teman yang lebih pintar , keluar keringat dingin , gelisah dan pusing , takut gagal mengerjakan soal , gemetar, k urang percaya dir i , tidak bisa membagi waktu , ingin berteriak ketika pikiran jenuh , dan ingin menghindar dari ujian nasional. Tahapan pelaksanaan terapi zikir di MAS Mathla’ul Anwar Malingping menggunakan teori konseling individual dengan metode relaksasi yang menggunakan pendekatan terapi zikir. Tahap - tahap terapi zikir tersebut meliputi: 1) Tahap a wal konseling; 2) Tahap pertengahan k onseling ( tahap k erja); 3) Tahap akhir k onseling. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan terapi zikir terbagi dua faktor, yaitu : 1) Faktor internal ; faktor diri siswa 2) Faktor eksternal; faktor lingkungan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Jun 2018 02:40
Perubahan Terakhir: 30 Jun 2018 02:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2179

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.