JANAYATI, JANAYATI (2018) PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN(Studi Banding SMAN I Dengan SMKN I Ciruas). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (632kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
TESIS UIN PERB.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (71kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa fenomena dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: (i) Sebagian guru belum memiliki Kompetensi Profesional sebagai tenaga pendidik, (ii) Seba gian guru dalam pembelajaran belum/tidak menggunakan media pembelajaran, (iii)sebagian guru belum menggunakan metode yang variatif, (iv) Sebagian siswa belum memahami mata pelajaran yang disampaikan oleh guru, (v) dan dalam proses pembelajaran kurang efekt if. Secara khusus penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gambaran bagaimana dampak positif terhadap peran kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SMAN 1 dan SMKN I Ciruas Kabupaten Serang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif analitik yakni penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang realitas pada obyek yang diteliti secara obyektif. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi , member - chek, komperasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SMAN 1 sudah cukup baik. Sedangkan di SMKN 1 belum berjalan secara efektif dalam proses pembelajaran, karena tidak tersedianya alat/media pembelajaran yang mendudkung guna meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun dari segi peran guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 dan SMK N 1 Ciruas, diwujudkan dalam kualifikasi akademik, empat kompetensi yang dimiliki yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi akademik, dan kompetensi sosial yang diperoleh melalui pendidikan profesi yang sudah diakui oleh guru pendidika n Agama Islam di SMAN 1 dan SMKN 1 Ciruas yang dibuktikan dengan sertifikasi pendidik dan pengembangan diri dengan mengikuti diklat, seminar, work - shop, pelatihan dan pendidikan lanjutan. Profesionalisme guru SMAN 1 dan SMKN 1 Ciruas sudah dikatakan profe sional dari hasil observasi, dan wawancara dengan Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 05 Jun 2018 17:34 |
Perubahan Terakhir: | 05 Jun 2018 17:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
Lihat Item |