PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH(PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)(Studi di SMA Negeri 1 Puloampel)

HIDAYATI, FITRI ALIYA (2018) PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH(PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)(Studi di SMA Negeri 1 Puloampel). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COPER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
GABUNGAN HAL DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (383kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB 1-5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (141kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan peneliti an ini adalah : 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Puloampel dan 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Metode Pemecahan Masalah ( Problem Solving ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Puloampel dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen jenis one short ca se study , yaitu dengan desain terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan , dan selanjutnya diobservasi hasilnya . Dengan jumlah sampel 40 orang siswa (responden) yang dite ntukan dengan teknik cluster sampling , dan teknik pengumpulan data: Angket dan Dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari k emampuan b erpikir k ritis siswa di SMAN 1 Puloampel (variabel Y), menunjukkan bahwa nilai mean 60,65 termasuk dalam kategori baik. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Puloampel sudah menunjukkan b er pikir yang baik dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis bahwa pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Puloampel diperoleh dari koefisien korelasi sebesar 0,68 yang berarti memiliki penga ruh bernilai cukup kuat atau tinggi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PROBLEM SOLVING; KEMmPUAN BERPIKIR KRITIS
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2018 07:15
Perubahan Terakhir: 25 Mei 2018 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.