IRWAN, ARIF (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTETHIC(VAK)(PTK di Kelas III SDN Banjar Negara 3). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER ARIF IRAWAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN ARIF IRAWAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (328kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (251kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (350kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (213kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (326kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III SDN Banjar Negara 3 disebabkan oleh salah faktor guru yang mengajar belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara aktif dan kreatif sehingga pembelajaran tidak kondusif. Dan guru hanya menggunakan satu buku sumber s ebagai alat untuk mengajar tanpa ada media pembelajaran yang lain dan dalam pelaksanaanya guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, yang selama ini dianggap membosankan, siswa pun menjadi jenuh tim bulah permasalah yang terjadi dari sikap siswa, kurangnya semangat untuk belajar IPS dan siswa tidak memperhatikan guru ketika guru sedang menerangkan sehingga siswa pun kurang senang terhadap pembelajaran IPS di SDN Banjar Negara 3. Berdasarkan latar be lakang di atas, maka rumus an masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penggunaan model pembelajaran Visual Auditory ,Kinesthetic (VAK) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III pada materi lingkungan alam dan buatan d i SDN Banjar Negara 3 Pandeglang Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS pada materi lingkungan alam dan buatan dengan model pembelajaran Visual Auditory, Kinesthetic (VAK) di kelas III pada materi lingkungan alam dan buatan di SDN Banjar Negara 3 Pandegla ng. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Visual Auditory, Kinesthetic (VAK) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III pada materi lingkungan alam dan buatan di SD Banjar Negara 3 Pandeglang. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada materi lingkungan alam dan buatan dengan model pembelajaran Visual Auditory ,Kinesthetic (VAK) di kelas III pada materi lingkungan alam dan buatan di SDN Banjar Negara 3 Pande glang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar berdasarkan KKM dengan penerapan Visual uditory Kinestethic (VAK ) , pada siklus I sebesar 42,42% atau 14 sis wa dan pada siklus II sebesar 81,81% atau 27 siswa. Berdasarkan hasil perolehan tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanaan tind akan sampai siklus II sebesar 81,81% atau sebanyak 27 siswa. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Visual uditory Kinestethic (VAK ) , dapat meningkatkan aktifitas dan hasil bel ajar siswa pada pembelajaran IPS tentan Lingkungan alam dan buatan .
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 25 Mei 2018 07:15 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mei 2018 07:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2138 |
Actions (login required)
Lihat Item |