Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Alat Pernapasan Manusia (Kuasi Eksperimen Siswa Kelas V SDN Cimuncang Cilik Kota Serang)

NURMILA, UCU MAULIDA (2018) Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Alat Pernapasan Manusia (Kuasi Eksperimen Siswa Kelas V SDN Cimuncang Cilik Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1. cover UCU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
2. lampiran awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (318kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
1-5 ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (798kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar Ilm u Pengetahuan Alam (IPA) dan u ntuk mengetahui signifikasi hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cimuncang Cilik Kota Seran g . Metode yang digunakan penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design , sampel yang diambil adalah kelas VA berjumlah 22 siswa dan VB berjumlah 24 siswa, dengan pengambilan sampel yaitu tidak secara acak. Instrument yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik desktiptif dan statistik inferensial yaitu uji - t. Pengujian hipotesis pada kelas e ksperimen dan kelas kontrol di nyatakan memiliki pengaruh yang signifikan dapat dilihat dari nilai rata - rata 79,77 > 66 ,04. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA si swa kelas V SDN Cimuncang Cilik antara kelas yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2018 03:03
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2018 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.