PASHA, PUTRI AKHRIN (2017) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN MENTAL SISWA (Studi di SMP Negeri 1 Anyer). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (501kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (802kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
ABSTRAK Putri Akhrin Pasha, NIM: 122111315, Judul Skripsi : Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Mental Siswa (Studi di SMPN 1 Anyer). Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN SMH BANTEN. Pembelajaran merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih terkait erat dengan proses pembentukan mental siswa. Dalam proses pembentukan mental siswa, seorang guru agama Islam dalam menyampaikan materi harus memiliki pembelajaran yang tepat dan efektif karena dengan adanya pembelajaran yang tepat maka proses pembentukan mental siswa dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Anyer, 2. Bagaimana pembentukan mental siswa di SMPN 1 Anyer, 3. Bagaimana peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Mental Siswa di SMPN 1 Anyer. Penelitian berbentuk penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: Keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan mental siswa di SMPN 1 Anyer selain menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran, juga didukung oleh adanya kegiatan-kegiatan yang sudah diprogramkan guna pembentukan mental siswa. Dengan menjalankan segala upaya-upaya sekolah dalam membentuk mental siswa tersebut, siswa/i dapat membentuk mental dan pribadi muslim yang tangguh dan mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam pembentukan mental siswa di SMPN 1 Anyer guna membentuk mentalitas, moral, etika, dan siswapun berperilaku, fikiran dan perasaannya mencerminkan dan sesuai dengan ajaran Islam. Pelaksanaan seluruh program pembiasaan tingkah laku yang diterapkan di SMPN 1 Anyer berjalan dengan baik, terlaksana sesuai harapan dan mencapai misi yang telah ditetapkan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Agama Islam; Mental Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 14 Mar 2017 10:12 |
Perubahan Terakhir: | 14 Mar 2017 10:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/180 |
Actions (login required)
Lihat Item |