Pengaruh Media Pembelajaran Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fiqih (Kuasi Eksperimen Kelas XI Di Man 3 Pandeglang)

Fajriah, Nurul (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fiqih (Kuasi Eksperimen Kelas XI Di Man 3 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210072_COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Teks
S_PAI_211210072_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (601kB)
[img] Teks
S_PAI_211210072_BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Teks
S_PAI_211210072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (716kB)
[img] Teks
S_PAI_211210072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_PAI_211210072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (477kB)
[img] Teks
S_PAI_211210072_BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Teks
S_PAI_211210072_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fiqih serta belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif oleh guru. Di MAN 3 Pandeglang, proses pembelajaran Fiqih masih didominasi oleh penggunaan buku paket dan media yang kurang variatif, sehingga siswa belum banyak dilibatkan dalam proses berpikir tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan menarik kesimpulan. Hal ini mengakibatkan rendahnya partisipasi aktif siswa, baik dalam bertanya, berpikir mendalam, maupun mengaitkan materi Fiqih dengan realitas kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dibutuhkan inovasi dalam media pembelajaran yang mampu merangsang keterlibatan intelektual siswa. Salah satu media yang potensial digunakan adalah Word Wall, yaitu media digital berbasis gamifikasi yang tidak hanya menyajikan materi secara visual dan interaktif, tetapi juga dapat membangun partisipasi aktif siswa serta mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Word Wall terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fiqih. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas XI, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Word Wall dan kelas kontrol yang menggunakan media PPT. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda berdasarkan enam indikator berpikir kritis, lembar observasi aktivitas belajar, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t serta N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yaitu 86,83 setelah penerapan media Word Wall. Sementara kelas kontrol yang menggunakan media PowerPoint hanya mencapai 73,68. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan didukung oleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 pada uji-t serta hasil N-Gain yang tergolong kategori sedang hingga tinggi. Dengan demikian, media Word Wall terbukti efektif untuk menciptakan pembelajaran Fiqih yang lebih menarik, partisipatif, dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajar Word Wall, Berpikir Kritis, Fiqih di MA.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 10 Nov 2025 07:13
Perubahan Terakhir: 10 Nov 2025 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17728

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.