Fikri, Syaif Muhammad (2024) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240090_COVER.pdf Download (189kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240090_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (840kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240090_BAB I.pdf Download (242kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240090_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (381kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240090_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (494kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240090_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (492kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240090_BAB V.pdf Download (92kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240090_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis aplikasi Canva, yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya di MIN 2 Serang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan utama: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan observasi dan wawancara dengan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa. Tahap desain melibatkan pembuatan video animasi yang memadukan elemen visual dan audio. Tahap pengembangan mencakup validasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori "Sangat Layak," dengan skor validasi masing-masing sebesar 90% untuk ahli media dan 88% untuk ahli materi. Tahap implementasi dilakukan dengan mengaplikasikan media pembelajaran ini. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata 51,2 (pretest) menjadi 80 (posttest), dengan skor N-Gain sebesar 0,57, yang termasuk kategori "Cukup Efektif." Media video animasi berbasis Canva ini terbukti mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan pemahaman, menigkatkan hasil belajar, serta memotivasi mereka untuk belajar lebih aktif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran inovatif di tingkat sekolah dasar, khususnya pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya. Penggunaan video animasi berbasis Canva diharapkan dapat menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | video animasi, Canva, media pembelajaran, ADDIE, hasil belajar. |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 03 Nov 2025 04:36 |
| Perubahan Terakhir: | 03 Nov 2025 04:36 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17702 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
