Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 dan Kemampuan Baca Tulis Al Quran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMK Putra Rifara Kabupaten Tangerang)

Aryadillah, Aji (2022) Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 dan Kemampuan Baca Tulis Al Quran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMK Putra Rifara Kabupaten Tangerang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
T_PAI_182610016_Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Teks
T_PAI_182610016_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_182610016_Bab I.pdf

Download (276kB)
[img] Teks
T_PAI_182610016_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (755kB)
[img] Teks
T_PAI_182610016_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (368kB)
[img] Teks
T_PAI_182610016_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (466kB)
[img] Teks
T_PAI_182610016_Bab V.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
T_PAI_182610016_Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Implementasi Kurikulum 2013, 2) Mengetahui Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an, 3) Mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, 4) Mengetahui Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 5) Untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Untuk mengetahui Pengaruh Implementasi pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta didik di Kelas X SMK Putra Rifara Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Kurikulum 2013 tergolong cukup Baik, hal ini ditujukan dengan perolehan mean sebesar = 77.01, kemampuan Baca Tulis Al-Quran sebesar 74,32% tergolong cukup Baik, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebesar 77,36 tergolong cukup baik. Hasil dari pengajuan hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dengan nilai Fhitung>Ftabel> (11.388 > 3.11) dengan nilai signifikasi 0,00 < taraf signifikansi 0,05. Nilai determinan R sebesar 0,226 yang berarti sumbangan pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 dan Kemampuan Baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik sebesar 22,6% sedangkan selebihnya 77,4% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Implementasi kurikulum 2013, kemampuan baca tulis Al-Quran, hasil belajar PAIBP
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Magister > PAI
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 02 Okt 2025 02:47
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2025 02:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.