RUF'AH, RUF'AH (2018) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIPLE INTELEGENT MUNIF CHATIB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
0 cover Ruf'ah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (326kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
1-5 Bab I-V Ruf'ah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (694kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR RIWAYAT HIDUP)
2 DRH Ruf'ah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (62kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini berangkat dari fakta bahwa sistem pe ndidikan di Indonesia (pada umumnya) belum mampu menjadi solusi untuk memperbaiki degradasi moral yaitu melalui model pen didikan yang manusiawi, yaitu pendidikan yang mengakumodir poten si keceerdasan manusia yang bersifat jamak ( multiple ingtelegences ). Dalam penelitian ini penulis mengkaji toeri multiple intelegences yang di kembangkan oleh Munif Chatib. Penelitian ini merupakm penelitain kepustakaan ( library research ) pengumpulan data di lakukan dengan cara menganali sis buku/buku karangan Munif Chatib dan mengumpulkan da ta dari sumber lain yang relevan. Pendekatan dalam peneliti an ini adalah Pedagogik Psikologi. Teknik analisiss data yang di gunakan ialah content analisys dilanjutkan pada deskriptis analitik . Hasil penelitian menunjukkan; Pertama konsep pembelajaran berbasis multiple integences (Prespeketif Munif Chatib) di sekolah secara global meliputi tiga tahap penting, Yaitu Input , Proses dan Output . Pada tahap input; menggunakan multiple intengences Reseach ( MIR) dalam penerimaan peserta didik barunya. Tahapa n yang kedua adalah tahapan pada proses pembelajaran. Dimana nan tinya gaya mengajar gurunya harus sama dengan gaya belajar pes erta didiknya. Pada Tahap output , dalam pembelajaran berbasis multiple intelgences penilaiannya mengunakan penilaian autentik. Penilaian autentik adalah sebuah penilain terhadap sosok utuh seorang peserta didik yang bukan di ukur dari segi kognitifnya saja melainkan juga d iukur dari segi afektif dan psikomotorik peserta didik. Kedua , pendidikan berbasis kecerdasan jamak relevan diterapkan dalam pendidika n islam baik yang bersifat mikro atau makro. Islam mempunyai konsep f itrah dalam hal mengembangkan potensi manusia, dan konsep fitrah in ilah yang harus dibimbing ke arah yang baik, salah satunya dengan m etode pembelajaran Multiple intelegence.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Karakter, Multiple intelegence |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 14 Feb 2018 07:12 |
Perubahan Terakhir: | 14 Feb 2018 07:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
Lihat Item |