Nurhaliza, Liza (2025) Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada Guru MIN 1 Sumedang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBS_211420105_COVER.pdf Download (104kB) |
|
|
Teks
S_PBS_211420105_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (972kB) |
|
|
Teks
S_PBS_211420105_BAB I.pdf Download (297kB) |
|
|
Teks
S_PBS_211420105_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (308kB) |
|
|
Teks
S_PBS_211420105_BAB_III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (166kB) |
|
|
Teks
S_PBS_211420105_BAB_IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (463kB) |
|
|
Teks
S_PBS_211420105_BAB_V.pdf Download (79kB) |
|
|
Teks
S_PBS_211420105_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstrak
Pengetahuan guru tentang bank syariah masih rendah, salah satunya karena kurangnya kesadaran individu terhadap prinsip dan sistem ekonomi syariah. Kebanyakan pengguna bank syariah memang berasal dari umat Islam yang ingin menghindari riba, namun sebagian dari mereka belum benar-benar memahami cara kerja dan konsep bank syariah secara logis dan menyuluruh. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh pengetahuan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. 2) Apakah terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. 3) Apakah terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. 2) Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan analisis deskritif, uji outer model yang terdiri dari uji convergent validity, discriminant validity, composite reliability dan uji inner model yang terdiri dari R-Square, Effect size, koefisien jalur dengan bantuan software SmartPLS versi 4.0.0. Hasil penelitian ini dapat memberikan kesimpulan bahwa nilai uji R-Square dapat dilihat bahwa nilai R-Square sebesar 0,712 sehingga dapat dikatakan model kuat 71,2% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya. Pada nilai Effect size pengetahuan memiliki nilai 0,010 berarti memiliki pengaruh kecil terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah, promosi 0,297 berarti memiliki pengaruh sedang terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah dan kualitas layanan 0,003 berarti memiliki pengaruh kecil terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. Sehingga pada koefisien jalur pengetahuan tidak berpengaruh karena memiliki nilai t statistik 0,629 < 1,96. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah dengan nilai t statistik 2,537 > 1,96. Dan kualitas layanan tidak berpengaruh karena memiliki nilai t statistik 0,249 < 1,96.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | pengetahuan, promosi, kualitas layanan, keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.17 Layanan Bank |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 28 Aug 2025 03:54 |
| Perubahan Terakhir: | 28 Aug 2025 03:54 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17447 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
