Nurlelah, Azah (2023) Meningkatan Kerjasama Tim dengan Permainan Tradisional Terompah Panjang pada Pembelajaran PJOK Materi Kebugaran Jasmani. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240105_Cover.pdf Download (267kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240105_Lampiran Depan.pdf Download (734kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240105_Bab I.pdf Download (172kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240105_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (336kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240105_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (826kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240105_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (813kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240105_Bab V.pdf Download (167kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240105_Daftar Pustaka.pdf Download (108kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahnya anak masih sering berebut mainan dan tidak mau mengalah dengan temannya, permasalahan lain yaitu anak masih susah untuk diatur dan kurangnya bekerjasama dalam menyelesaikan permainan di lingkungan sekolahnya tersebut. Observasi yang dilakukan, masih banyak anak yang bersikap egois dan tidak mau mengalah, guru sudah membagi kelompok dan mencoba melakukan permainan tersebut, namun anak belum mampu bersikap saling bekerjasama secara baik. Hal seperti ini harusnya mendapat perhatian yang lebih agar anak didik dapat menguasai seluruh aspek perkembangan sosial emosional maupun fisik motorik dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dengan beberapa siklus sehingga adanya peningkatan bagi siswa. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, pedoman, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 69,7 dengan persentase ketuntasan 50% , dan yang belum tuntas 50% Pada siklus II nilai rata-rata 79,35 dengan persentase ketuntasan 100% dan yang belum tuntas 0%. Oleh karena itu dapat diketahui bahwa dengan Permainan Tradisional Terompah Panjangdapat meninkatkan kerjasama tim pada siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Permainan tradisional, terompah panjang, kerjasama tim |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 14 Aug 2025 07:02 |
| Perubahan Terakhir: | 14 Aug 2025 07:02 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17351 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
