Meningkatan Kerjasama Tim dengan Permainan Tradisional Terompah Panjang pada Pembelajaran PJOK Materi Kebugaran Jasmani

Nurlelah, Azah (2023) Meningkatan Kerjasama Tim dengan Permainan Tradisional Terompah Panjang pada Pembelajaran PJOK Materi Kebugaran Jasmani. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_171240105_Cover.pdf

Download (267kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240105_Lampiran Depan.pdf

Download (734kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240105_Bab I.pdf

Download (172kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240105_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (336kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240105_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (826kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240105_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (813kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240105_Bab V.pdf

Download (167kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240105_Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahnya anak masih sering berebut mainan dan tidak mau mengalah dengan temannya, permasalahan lain yaitu anak masih susah untuk diatur dan kurangnya bekerjasama dalam menyelesaikan permainan di lingkungan sekolahnya tersebut. Observasi yang dilakukan, masih banyak anak yang bersikap egois dan tidak mau mengalah, guru sudah membagi kelompok dan mencoba melakukan permainan tersebut, namun anak belum mampu bersikap saling bekerjasama secara baik. Hal seperti ini harusnya mendapat perhatian yang lebih agar anak didik dapat menguasai seluruh aspek perkembangan sosial emosional maupun fisik motorik dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dengan beberapa siklus sehingga adanya peningkatan bagi siswa. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, pedoman, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 69,7 dengan persentase ketuntasan 50% , dan yang belum tuntas 50% Pada siklus II nilai rata-rata 79,35 dengan persentase ketuntasan 100% dan yang belum tuntas 0%. Oleh karena itu dapat diketahui bahwa dengan Permainan Tradisional Terompah Panjangdapat meninkatkan kerjasama tim pada siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Permainan tradisional, terompah panjang, kerjasama tim
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 14 Aug 2025 07:02
Perubahan Terakhir: 14 Aug 2025 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.