Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Maula, Ani Qudsiatul (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210036_Cover.pdf

Download (523kB)
[img] Teks
S_PAI_211210036_Lampiran Depan.pdf

Download (7MB)
[img] Teks
S_PAI_211210036_Bab I.pdf

Download (278kB)
[img] Teks
S_PAI_211210036_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (382kB)
[img] Teks
S_PAI_211210036_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (486kB)
[img] Teks
S_PAI_211210036_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (498kB)
[img] Teks
S_PAI_211210036_Bab V.pdf

Download (191kB)
[img] Teks
S_PAI_211210036_Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar siswa kelas VIII SMP IT Al-Izzah Serang Pada Mata Pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Welch's t-test yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok yang menggunakan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran memperoleh rata-rata hasil posttest yang lebih tinggi (80,64) dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan aplikasi tersebut (69,02). Ini menunjukkan bahwa aplikasi Quizizz dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam. Penerapan aplikasi Quizizz menjadikan proses belajar lebih menarik, interaktif, dan kompetitif, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil belajar, media interaktif, quizizz
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 12 Aug 2025 07:43
Perubahan Terakhir: 12 Aug 2025 07:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.