Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Genially Berbasis Game pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Cibeber

Maulana, Kiki (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Genially Berbasis Game pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Cibeber. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210099_Cover.pdf

Download (149kB)
[img] Teks
S_PAI_211210099_Lampiran Depan.pdf

Download (821kB)
[img] Teks
S_PAI_211210099_Bab I.pdf

Download (276kB)
[img] Teks
S_PAI_211210099_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (545kB)
[img] Teks
S_PAI_211210099_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (504kB)
[img] Teks
S_PAI_211210099_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_211210099_Bab V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PAI_211210099_Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang berpengaruh pada rendahnya ketercapaian hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran interaktif genially berbasis game pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Cibeber. Metode yang digunakan adalah research & development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Hasil penelitian ini ialah: 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media yang meliputi lima tahapan: a) prelimenary investigation, b) design, c) realization/construction, d) test, evaluation, revision, e) implementation. 2) Menguji kelayakan media melalui 3 validator. Rata-rata validasi ahli sebesar 94% dengan kategori ‘sangat layak’. 3) Menguji kepraktisan media melalui pengisian kuesioner respon guru dan peserta didik. Penilaian kepraktisan memperoleh rata-rata sebesar 94% dengan kategori ‘sangat praktis’. 4) Menguji keefektifan media melalui pelaksanaan pre-test dan post-test. Dari hasil pengujian data pre-test dan post-test diketahui terdapat peningkatan sebesar 67% hasil belajar peserta didik dengan kategori signifikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran interaktif, genially, gamifikasi, sejarah kebudayaan Islam
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 08 Aug 2025 02:59
Perubahan Terakhir: 08 Aug 2025 02:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.