Maulana, Kiki (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Genially Berbasis Game pada Mapel Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Cibeber. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_211210099_Cover.pdf Download (149kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210099_Lampiran Depan.pdf Download (821kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210099_Bab I.pdf Download (276kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210099_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (545kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210099_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (504kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210099_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210099_Bab V.pdf Download (154kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210099_Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang berpengaruh pada rendahnya ketercapaian hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran interaktif genially berbasis game pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Cibeber. Metode yang digunakan adalah research & development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Hasil penelitian ini ialah: 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media yang meliputi lima tahapan: a) prelimenary investigation, b) design, c) realization/construction, d) test, evaluation, revision, e) implementation. 2) Menguji kelayakan media melalui 3 validator. Rata-rata validasi ahli sebesar 94% dengan kategori ‘sangat layak’. 3) Menguji kepraktisan media melalui pengisian kuesioner respon guru dan peserta didik. Penilaian kepraktisan memperoleh rata-rata sebesar 94% dengan kategori ‘sangat praktis’. 4) Menguji keefektifan media melalui pelaksanaan pre-test dan post-test. Dari hasil pengujian data pre-test dan post-test diketahui terdapat peningkatan sebesar 67% hasil belajar peserta didik dengan kategori signifikan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media pembelajaran interaktif, genially, gamifikasi, sejarah kebudayaan Islam |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 08 Aug 2025 02:59 |
| Perubahan Terakhir: | 08 Aug 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17285 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
