Toyyibah, Ratu Yeni (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Pergaulan Bebas dan Meningkatkan Keberagamaan Peserta Didik di Lingkungan SMK Kota Serang (Studi di SMKN I, SMK PGRI I, SMK PGRI 3). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_192610032_Cover.pdf Download (172kB) |
|
|
Teks
T_PAI_192610032_Lampiran Depan.pdf Download (775kB) |
|
|
Teks
T_PAI_192610032_Bab I.pdf Download (373kB) |
|
|
Teks
T_PAI_192610032_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (804kB) |
|
|
Teks
T_PAI_192610032_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (737kB) |
|
|
Teks
T_PAI_192610032_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (761kB) |
|
|
Teks
T_PAI_192610032_Bab V.pdf Download (159kB) |
|
|
Teks
T_PAI_192610032_Daftar Pustaka.pdf Download (233kB) |
Abstrak
Banyak kejadian seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah terjerumus dalam pergaulan bebas dan kurangnya pengamalan penerapan keberagamaan di lingkungan sekolah. Anak yang masih duduk di bangku sekolah terjerumus dalam pergaulan bebas seperti minum-minuman keras, tauran, pemalakan dan bulliying. Begitu pula kegiatan keberagamaan di sekolah sering diabaikan seperti anak-anak tidak melaksanakan solat berjama’ah, tidak mengikuti mata pelajaran keagamaan dan tidak mengikuti kegiatan peringatan hari besar islam. Kejadian-kejadian ini banyak menemui perosalan pada diri anak remaja khususnya di lingkungan sekolah menengah tingkat kejuraun khusunya di SMKN 1, SMK PGRI 1 dan SMK PGRI 3 Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kasus pergaulan bebas, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keberagamaan peserta didik, dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat dalam mengatasi pergaulan bebas dalam meningkatkan keberagamaan peserta didik di SMKN 1, SMK PGRI 1, SMK PGRI 3 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian primer enam Guru PAI dan data sekunder enam Guru Bimbingan Konseling.Penelitian ini dilaksanakan pada awal Januari 2022 sampai dengan Juni 2022 di SMKN 1, SMK PGRI 1, SMK PGRI 3 Kota Serang. Analisis Data dalam penelitian ini melalui proses pengolahan data, penyajian data, dan verifikasi data hasil temuan peneliti terhadap peran guru agama pendidikan agama Islam dalam mengatasi pergaulan bebas dalam meningkatkan keberagamaan peserta didik di lingkungan SMK Kota Serang. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi pergaulan bebas peserta didik dengan peran dan tugas guru yaitu sebagai pengajar, pendidik, pembimbing di sekolah. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memperkaya kegiatan-kegiatan keberagamaan di lingkungan sekolah seperti pembinaan yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu, pelaksanaan salat jum’at secara berjama’ah, tiga bulan sekali. Pelaksanaan pembinaan moral pada anak didik diharapkan siswa-siswi diikutsertakan dalam kegiatan keberagamaan di sekolah agar siswa-siswi memiliki nilai-nilai religius, perilaku berakhlak mulia dan bertanggungjawab khususnya di SMK kota Serang.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Peran guru PAI, pergaulan bebas, keberagaman |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 23 Jul 2025 02:27 |
| Perubahan Terakhir: | 23 Jul 2025 02:27 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17184 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
