Hasanah, Durotul (2024) Pengaruh Strategi Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Studi di SMP Negeri 12 Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210008_Cover.pdf Download (114kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210008_Lampiran Depan.pdf Download (552kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210008_Bab I.pdf Download (111kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210008_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (318kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210008_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (422kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210008_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (544kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210008_Bab V.pdf Download (88kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210008_Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik yang kurang memiliki semangat dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas, mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dan mengetahui pengaruh strategi pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 12 Kota Cilegon dan manfaat penelitian ini tentunya diharapkan dapat berguna baik secara teoretis maupun praktis bagi semua pihak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner atau angket. Adapun hasil pengujian yang telah didapatkan dengan menggunakan berbagai pengujian diantaranya: Pertama, strategi pengelolaan kelas pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 12 Kota Cilegon berada pada katagori sedang. Kedua, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 12 Kota Cilegon berada pada katagori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh strategi pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti berdasarkan hasil regresi linier diperoleh nilai sebesar 0,206. Hal ini menunjukkan bahwa antara strategi pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa bernilai positif. Berdasarkan hasil uji statistik bahwa strategi pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 12 Kota Cilegon sebesar 24,2 %. Sedangkan sisanya 75,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategi pengelolaan kelas, motivasi belajar |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 09 Jul 2025 04:35 |
| Perubahan Terakhir: | 09 Jul 2025 04:35 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17119 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
