Pengaruh Media Pembelajaran Game Belajar Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MI Islamiyah Ciwaru

Pribadi, Nada Mufidah (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Game Belajar Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MI Islamiyah Ciwaru. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240055_Cover.pdf

Download (374kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240055_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240055_BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (410kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240055_BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240055_Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstrak

Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar belum terlaksana secara maksimal, terutama dalam kemampuan membaca permulaan siswa. Kemampuan membaca siswa belum sesuai dengan harapan, masih terdapat siswa yang belum dapat membaca, sering keliru dalam membedakan huruf yang bentuknya sama, dan kesulitan dalam melafalkan kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah penggunaan media game belajar digital, serta untuk mengetahui pengaruh media game belajar digital dalam kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas II MI Islamiyah Ciwaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan setelah menggunakan media game belajar digital, dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest adalah 56.29 dan posttest adalah 72.58. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata rata siswa kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan setelah penggunaan media game belajar digital. Hasil uji t menunjukkan bahwa (0,000) < 0,05 dengan kata lain ditolak. Jadi kesimpulannya, terdapat pengaruh media game belajar digital dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II MI Islamiyah Ciwaru.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Membaca Permulaan, Media Game belajar Digital, Sekolah Dasar
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Jul 2025 08:46
Perubahan Terakhir: 04 Jul 2025 08:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17097

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.