Hilmiyah, Raudhotul (2024) Hubungan Kitab Tijan Ad-Durari dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi di Kelas VII MTs Fathurrobaaniy Kec. Cisoka Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210039_Cover.pdf Download (202kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210039_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210039_Bab I.pdf Download (243kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210039_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (329kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210039_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (468kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210039_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (864kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210039_Bab V.pdf Download (369kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210039_Daftar Pustaka.pdf Download (291kB) |
Abstrak
Skripsi ini membahas tentang pembelajaran al-Qur‟an Braille pada peserta didik tunanetra di Sekolah Kebutuhan Khusus Negeri 01 Kota Serang tahun pelajaran 2023/2024. (1) Bagaimana pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan kitab tijab ad-darari dipondok pesantren Fathurrobbaaniy? 2) Bagaimana hasil belajar siswa MTs Fathurrobbaaniy pada mata pelajaran akidah akhlak? (3) Apakah terdapat hubungan antara pembelajaran kitab tijan ad-darari dengan hasil belajar siswa di MTs Fathurrobbaaniy cisoka Tangerang pada pelajaran akidah akhlak? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi eksperimen menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan yang dilaksanakan di MTs Fathurrobbaaniy cisoka Tangerang. Lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai sumber untuk peneliti mendapatkan informasi mengenai pembelajaran Tijan Addarari pada akidah akhlak siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode pretest dan postest. Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran Kitab Tijan Ad Durari pada siswa kelas VII di MTs Fathurrobbaaniy adalah pembelajaran yang mengajarkan akhlak siswa untuk berkembang lebih baik juga membantu siswa dalam mangembangkan akhlaknya. (2) Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Fathurrobbaaniy Cisoka Tangerang Nilai rata-rata pada kelas eksperimen pada saat Pre Test sebesar 56,83 yang menunjukan awal kemampuan siswa. Kemudian setelah dilakukan proses kegiatan ekstrakurikuler Islami nilai rata rata Post Test sebesar 67,16. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pada Pre Test sebesar 54,3 yang menunjukan kemampuan awal siswa dan pada Post Test kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 61,6. (2) Hubungan Kitab Tijan Ad-Durari dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Fathurrobbaaniy Cisoka Tangerang terlihat dari nilai Pre Test dan Post Test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak Siswa di MTs Fathurrobbaaniy Cisoka Tangerang disesuaikan dengan kebutuhan pada materi akidah akhlak siswa yang diperoleh lebih maksimal. Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran Kitab Tijan Ad-Durari bagi Akidah Akhlak MTs Fathurrobbaaniy Cisoka Tangerang lebih meningkatkan pembelajarannya, meningkatkan bimbingan dan memberikan contoh dengan menambah jam belajar, lebih memanfaatkan media yang sudah tersedia dan menambah sarana prasana.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kitab Tijan Ad-Durari, akidha akhlak |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jul 2025 02:48 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jul 2025 02:48 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17092 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
