Sari, Wulan (2023) Strategi Guru Menanamkan Literasi Agama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK Negeri 10 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210193_Cover.pdf Download (383kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210193_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210193_Bab I.pdf Download (688kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210193_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (594kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210193_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (349kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210193_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (480kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210193_Bab V.pdf Download (197kB) |
|
|
Teks
S_PAI_181210193_Daftar Pustaka.pdf Download (423kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Penanaman Literasi Agama Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 10 Pandeglang, Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 10 Pandeglang, dan untuk Mengetahui Strategi Guru Menanamkan Literasi Agama Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa di SMKN 10 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 10 Pandeglang, sumber data yang diperoleh melalui Guru Pendidikan Agama Islam, dan Peserta Didik. Dalam penelitian ini data diambil dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau conclusion drawing. Sedangkan teknik pengecekan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru Menanamkan Literasi Agama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 10 Pandeglang terjadi peningkatan hasil belajar serta aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik. Penanaman literasi agama sudah mulai berjalan secara tersusun. Adapun strategi yang dilakukan guru yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung atau tidak langsung, interaktif, mandiri atau melalui pengalaman dengan metode demontrasi dan metode ceramah. Kemudian dalam menanamkan literasi keagamaan ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap pembiasaan: 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, tahap pengembangan: berdiskusi tentang bacaan yang disediakan guru dan tahap pembelajaran: diadakan kegiatan jumat taqwa, kegiatan pesantren kilat, dan membaca buku materi keagamaan di luar buku pegangan peserta didik.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategi guru, literasi agam, hasil belajar |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 10 Jun 2025 04:01 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Jun 2025 04:01 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16958 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
