Tatakrama (Adab) Seorang Murid Kepada Guru Dalam Kajian Kitab Bidayatul Hidayah (Penelitian Kualitatif Di Ponpes Ath-Thabraniyyah Kota Serang)

Nakiyah, Jauharotun (2023) Tatakrama (Adab) Seorang Murid Kepada Guru Dalam Kajian Kitab Bidayatul Hidayah (Penelitian Kualitatif Di Ponpes Ath-Thabraniyyah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210073_COVER.pdf

Download (180kB)
[img] Teks
S_PAI_191210073_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (431kB)
[img] Teks
S_PAI_191210073_BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Teks
S_PAI_191210073_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_PAI_191210073_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
S_PAI_191210073_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (275kB)
[img] Teks
S_PAI_191210073_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PAI_191210073_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menjelaskan tentang murid kepada Kitab Bidayatul Hidayah karya imam al ghazali dipondok pesantren a-Thabraniyah. 2) Dan untuk mengetahui penerapan murid dalam meningkatkan Tatakrama (Adab) Seorang Murid kepada Guru Dalam Kajian Kitab Bidayatul Hidayah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu yang menggunakan metode deskriptif. Metode kualitatif deskriptif merupakan suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan suatu hasil penelitian, memberikan deskriptif, penjelasan, validasi mengenai fenomena yang tengah diteliti. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Dan yang diwawancarainya: pengurus, lurah, santri. Sedangkan untuk analisisnya penulisan menggunakan teori Miles dan Hubermans, langkah-langkah analisis meliputi pengumpulan data), dan conclusion/verification. Hasil penilitian menunjukan bahwa 1. Pemahaman Murid Terhadap Kitab Bidayatul Hidayah Di Pondok Pesantren Ath-Thabraniyyah telah menyadarkan mereka untuk berperilaku sosial yang baik atau berakhlaqul karimah. karna adab nomor 1 diantara ilmu pasti adab paling utama. 2. Penerapan Santri Dalam Meningkatkan Tatakrama (Adab) Seorang Murid Kepada Guru Dalam Kajian Kitab Bidayatul Hidayah sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, karna menjadi murid tidak hanya menuntut ilmu tapi juga harus berkarakter baik, hormat dan taqdzim kepada guru.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tatakrama (Adab) Seorang Murid Kepada Guru Dalam Kajian Kitab Bidayatul Hidayah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 04 Jun 2025 08:11
Perubahan Terakhir: 04 Jun 2025 08:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.