Fadilah, Intan (2024) Implementasi Pendidikan Karakter MelaluibProgram 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) Studi di MIN 2 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240082_COVER.pdf Download (4MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240082_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (440kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240082_BAB I.pdf Download (524kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240082_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (379kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240082_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (371kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240082_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (487kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240082_BAB V.pdf Download (202kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240082_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) siswa kelas V di MIN 2 Serang dan untuk mengetahui factor apa saja yang mendukung serta menghambat pelaksanan pendidikan karakter melalui program 5S (Senyum,Salam, Sapa, Sopan dan Santun) siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah analisis deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala MIN, Guru Kelas V, Bidang Kurikulum dan Siswa Kelas V Serang pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi pendidikan karakter adalah salah satu program 5S di sekolah (senyum, sapa, salam, sopan dan santun). ini merupakan salah satu proses penanaman sikap religius siswa yang mengharapkan siswa bersikap baik, dan sopan santun terhadap siapapun. Seperti dari data awal yang peneliti dapatkan dari observasi bahwasanya terdapat beberapa siswa dari keseluruhan jumlah siswa di kelas V MIN 2 Serang yang masih belum terbiasa dengan program 5S dan memerlukan bimbingan dari dewan guru dalam melakukan penerapan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun). Faktor hambatan utama adalah adanya penolakan beberapa siswi terhadap perubahan karena terbiasa dengan lingkungan di rumah yang belum menerapakan 5S. Komitmen dan partisipasi aktif guru dan kepala sekolah menjadi kekuatan pendorong di balik penerapan prinsip-prinsip 5S secara efektif.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pendidikan, Karakter,Program 5S |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jun 2025 03:53 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jun 2025 03:53 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16946 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
