MU'ARIF, MU'ARIF (2018) METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA SERANG. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
cover MUARIF.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (95kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (HALAMAN AWAL)
halaman awal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (484kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1 MUARIF.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (390kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
Bab ii muarif.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (547kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
Bab iii muarif.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (208kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
bab v muarif.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (196kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA muarif.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (212kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Metode talaqqi merupakan metode yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam pembelajaran Al - Qur’an yaitu bertemu langsung dengan seorang guru dari riwayat ke riwayat ( sanad ) sehingga terjaga keaslian dan kemurnian ajaranny a. Hal ini bisa membantu dalam proses pembelajaran khusunya pembelajaran Al - Qur’an agar terciptanya pembelajaran yang optima. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al - Qur’an di MTsN 2 Kota Se rang? Adapun tujuan dan manfaat penelitian dari skripsi ini adalah: Untuk mengetahui penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al - Qur’an di MTsN 2 Kota Serang dan manfaatnya adalah: Untuk masukan dalam perbaikan pembelajaran khususnya pada mat a pelajaran menghafal Al - Qur’an. Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu pencermatan dalam bentuk tindakan belajar mengajar yang yang sengaja dilakukan dengan metode tertentu dan terjadi secara bersamaan d i dalam kelas. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama : Seorang guru memandu murid untuk menghafal ayat secara berjamaah yang dimulai dengan bacaan guru kemudian setelah selesai dibacakan barulah murid mengulangi bacaan mengikuti bacaan guru. Kedua: Seor ang murid memperdengarkan hafalan surat yang baru saja dihafal secara mandiri berhadapan langsung dengan guru Tahfidz sehingga seorang guru bisa mengetahui dengan pasti kualitas hafalan para muridnya, pada tahap ini seorang guru membetulkan bacaan murid ya ng salah dan langsung diikuti oleh bacaan murid. Simpulan dari penelitian ini adalah: Metode talaqqi diterapkan dalam pembelajaran menghafal Al - Qur’an dengan menggunakan dua bentuk pertama: tasmi’ seorang guru memperdengarkan bacaan yang langsung diikuti oleh murid kedua : ‘aradh seorang murid memperdengarkan hafalannya kepada guru kemudian guru membetulkan bacaan murid apabila terdapat kesalahan
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | METODE TALLAQI |
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.2 Al-Quran dan terjemahnya |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2018 02:11 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2018 02:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1669 |
Actions (login required)
Lihat Item |