Agustin, Safira (2025) Sejarah dan Dampak Jalan Raya Pos di Banten Tahun 1808-1811. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_Cover.pdf Download (376kB) |
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_Lampiran Depan.pdf Download (732kB) |
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_BAB I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (381kB) |
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (579kB) |
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (474kB) |
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Teks
S_SPI_191350027_Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) |
Abstrak
Jalan raya pos adalah jalan yang dibangun oleh Gubernur Jendral Herman Willem Daendels pada tahun 1808-1811. Upaya membangun jalan raya yang dilakukan oleh Daendels didasarkan pada instruksi Raja Louis Napoleon. Dalam pasal 29 intruksi itu disebutkan bahwa Gubernur Jenderal wajib memperhatikan sarana yang paling cocok untuk dirancang melalui kesepakatan dengan para bupati pribumi dan diterapkan untuk memperbaiki dan menjamin nasib orang pribumi di Hindia Timur. Sarana yang cocok untuk menjamin komunikasi antara pemerintah Tinggi di Batavia dengan para pejabat daerah. Atas dasar itulah jalan raya pos dibangun dengan tujuan mempersingkat waktu pengiriman surat atauun dokumen Belanda lainnya Berdasarkan latar belakang di atas, terdapat perumusan masalah pokok yang harus terjawab pada penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana Banten sebelum jalan raya pos? (2) Bagaimana kebijakan Daendels terhadap jalan raya pos di Banten tahun 1808-1811? (3) Bagaimana Dampak Jalan Raya Pos Terhadap Kolonial Belanda dan Rakyat Banten tahun 1808-1811? Hasil dari tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana Banten sebelum jalan raya pos. (2) Mendeskripsikan bagaimana kebijakan Daendels terhadap jalan raya pos di Banten tahun 1808-1811. (3) Mendeskripsikan Bagaimana Dampak Jalan Raya Pos Terhadap Kolonial Belanda dan Rakyat Banten tahun 1808-1811. Adapaun objek penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dan pendekatan teori ekonomi. Metode penelitian sejarah memiliki lima tahapan, yaitu: pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: pembangunan jalan raya pos ini berdampak bagi rakyat Banten juga bagi Kolonial Belanda. Bagi rakyat Banten dampak posistifnya adalah, sejalan dengan pembangunan jalan ini, dengan pertimbangan yang strategis, beberapa ibu kota kabupaten dipindahkan kepinggir jalan tersebut. Sedangkan bagi Kolonial Belanda, seperti namanya pembangunan jalan ini juga disertai dengan pembangunan stasiun pos. Karna dengan adanya jalan ini memperpendek jarak tempuh untuk pengiriman surat. Hal ini tentu memudahkan pemerintah pusat mengatahui situasi atau eadaan yang sedang terjadi di daerah pedalaman lebih cepat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | dampak, jalan raya pos, kolonial Belanda, Banten |
Subjek: | 900 Sejarah > 902 Aneka Ragam Sejarah |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 25 Feb 2025 07:10 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2025 07:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16454 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |