Rohima, Ida (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di MI Al - Ishlah Rancajaya. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Cover.pdf Download (103kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Lampiran Depan.pdf Download (486kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Bab I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (312kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (562kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (972kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Bab V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_181240028_Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media animasi yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Al-Ishlah Rancajaya. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan S. Thiagarajana. Yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil observasi penelitian yaitu menunjukkan bahwa media animasi ini termasuk kedalam kriteria “Sangat Layak” dengan memperoleh skor hasil penilaian validasi ahli media mencapai 92,3% dan hasil penilaian validasi ahli materi mencapai 93,3% Sedangkan hasil penilaian dari guru kelas mencapai 96,2%. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 20 siswa dengan menggunakan test berupa pre-test dengan rata-rata 26,5 sedangkan rata-rata Post-test adalah 88,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa sebesar 62 artinya desain pembelajaran yang telah peneliti buat berpengaruh terhadap kemampuan siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media pembelajaran, media animasi, membaca permulaan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 06 Feb 2025 07:22 |
Perubahan Terakhir: | 06 Feb 2025 07:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16289 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |