Analisis Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar yang Terintegrasi dengan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi di SD YPWKS II, SD YPWKS IV, dan SD YPWKS V Cilegon)

Izzah, Dhiya Wardatul (2025) Analisis Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar yang Terintegrasi dengan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi di SD YPWKS II, SD YPWKS IV, dan SD YPWKS V Cilegon). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_222625245_Cover.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
T_PAI_222625245_Lampiran Depan.pdf

Download (645kB)
[img] Teks
T_PAI_222625245_Bab I.pdf

Download (323kB)
[img] Teks
T_PAI_222625245_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
T_PAI_222625245_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (235kB)
[img] Teks
T_PAI_222625245_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (692kB)
[img] Teks
T_PAI_222625245_Bab V.pdf

Download (169kB)
[img] Teks
T_PAI_222625245_Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)

Abstrak

Pendidikan dasar di Indonesia secara umum memiliki dua jenis yaitu sekolah dasar di bawah naungan Kemendikbudristek dan madrasah diniyah takmiliyah awaliyah di bawah naungan Kemenag. Namun, banyak tempat yang memisahkan dua jenis pendidikan tersebut. Kurangnya koordinasi dan integrasi antara kedua kurikulum ini dapat mengakibatkan kesenjangan dalam pemahaman dan keterampilan peserta didik. Tetapi SD YPWKS di Cilegon memiliki kebijakan khusus dimana kurikulum sekolah diintegrasikan dengan kurikulum madrasah diniyah takmiliyah awaliyah. Fenomena tersebut menjadi landasan peneliti untuk menganalisis kurikulum di SD YPWKS Cilegon dalam hubungannya terhadap peningkatan mutu lulusan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model miles dan huberman. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa menejemen kurikulum sekolah dasar dan kurikulum madrasah diniyah takmiliyah awaliyah yang diintegrasikan di SD YPWKS Cilegon sudah terlaksana dengan baik dan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari mutu lulusan yang dihasilkan unggul baik dibidang akademik, karakter maupun spiritual.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Manajemen, kurikulum, sekolah dasar, MDTA, mutu lulusan
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Jan 2025 08:40
Perubahan Terakhir: 21 Jan 2025 08:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16152

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.