Haerunisa, Nida (2024) Penggunaan Kartu Kata Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini di Paud Darul Uchwah Rumpin-Bogor. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PIAUD_181260020_Cover.pdf Download (115kB) |
|
Teks
S_PIAUD_181260020_Lampiran Depan.pdf Download (868kB) |
|
Teks
S_PIAUD_181260020_BAB I.pdf Download (144kB) |
|
Teks
S_PIAUD_181260020_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (327kB) |
|
Teks
S_PIAUD_181260020_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (222kB) |
|
Teks
S_PIAUD_181260020_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (229kB) |
|
Teks
S_PIAUD_181260020_BAB V.pdf Download (28kB) |
|
Teks
S_PIAUD_181260020_Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) |
Abstrak
Kemampuan membaca merupakan suatu proses yang dilakukan dan digunakan agar pembaca dapat menerima pesan yang ingin disampaikan penulis melalui kata-kata dan kata-kata tertulis. Kartu kata bergambar merupakan kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau simbol yang mengingatkan anak terhadap sesuatu yang berkaitan dengan gambar tersebut. Kartu kata bergambar biasanya berukuran 8 x 12 cm, namun dapat disesuaikan dengan ukuran masing-masing kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak usia dini dalam penerpan media kartu kata bergambar serta faktor pendukung dan penghambat kepada kemampuan membaca permulaan dengan kartu kata bergambar kepada anak kelas B PAUD Darul Uchwah Rumpin Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriktif kualitatif, dalam subjek penelitian adalah guru kelas B dan peserta didik di kelas B sebanyak 14 anak, sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan media kartu kata bergambar untuk mengembangkan keterampilan membaca permulaan anak usia dini di PAUD Darul Uchwah Rumpin Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada kelompok B mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B terlihat dari aspek menjawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan terdapat 7 anak yang berkembang dan 1 anak mulai berkembang, menyebutkan kata-kata yang dikenal dengan 6 anak berkembang serta 2 anak mulai berkembang, memperkaya perbendaharaan kata, dan mengenal simbol-simbol. Serta guru sudah menerapkan media kartu kata bergambar sesuai dengan langkah –langkah yaitu: 1) Menentukan Tema, 2) Menyiapkan Media Kartu Kata Bergambar, 3) Mengenalkan Huruf Dan Kata Kepada Anak, 4) Meyiapkan Alat dan Bahan, 5) Membagi Anak Kedalam Beberapa Kelompok, 6) Memberikan kegiatan kepada anak. Dan faktor pendukung dalam penggunaan media kartu kata gambar terletak pada gambar serta maupun kata yang menarik dengan didorong motivasi dari guru itu sendiri. Namun kendalanya terletak pada ukuran media, ukuran font yang terlalu kecil, dan kurang banyaknya media yang tersedia. Saat mengajar membaca, oleh karenanya guru perlu menyediakan lebih banyak media untuk lebih memperluas kesempatan belajar anak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Membaca Permulaan, Media Kartu Kata, Anak Usia Dini |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Des 2024 09:30 |
Perubahan Terakhir: | 24 Des 2024 09:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16093 |
Actions (login required)
Lihat Item |