Mawadah, Zaenatul (2024) Dongeng sebagai Media Dakwah (Studi tentang Boneka Tangan Kak Ihan di Kampung Dongeng Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_KPI_201510120_Cover.pdf Download (108kB) |
|
Teks
S_KPI_201510120_Bab I.pdf Download (500kB) |
|
Teks
S_KPI_201510120_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (109kB) |
|
Teks
S_KPI_201510120_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
S_KPI_201510120_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (597kB) |
|
Teks
S_KPI_201510120_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
Teks
S_KPI_201510120_Bab V.pdf Download (378kB) |
|
Teks
S_KPI_201510120_Daftar Pustaka.pdf Download (396kB) |
Abstrak
Di era modern ini, perkembangan media komunikasi saat ini memiliki pengaruh yang sangat kuat bagi masyarakat luas. Hal ini perlu disadari oleh setiap da’i. bahwa metode-metode ataupun media yang digunakan dalam menyampaikan materi dakwah perlu mengikuti perkembangan media yang ada. Seiring perkembangan zaman, gaya dalam penyampaian dakwah pun dikemas dengan lebih menarik. Hal ini muncul karena sikap mad’u yang bosan dengan metode penyampaian yang sifatnya satu arah saja dan lebih kepada sekedar mendengarkan saja apa yang sang da’i sampaikan, dengan metode yang demikian tidak banyak mad’u yang mampu memperhatikan hingga selesai. Terlebih apabila audiennya merupakan anak-anak, kiranya perlu metode yang menarik untuk penyampaian pesan yang di sampaikan dapat diterima. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : Bagaimana strategi dakwah yang dilakukan Kak Ihan dalam pembentukan karakter anak ketika berdakwah melalui dongeng boneka tangan, apa faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah yang digunakan Kak Ihan melalui dongeng kepada anak-anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teori yang digunakan yaitu teori Strategi Dakwah Al-Bayanuni. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan oleh kak ihan dalam pembentukan karakter anak ketika berdakwah melalui dongeng boneka tangan yaitu, inovasi teknologi, menggerakan hati dan perasaan anak-anak, memfokuskan pada sudut pandang akal pikiran, dan yang terakhir praktik keagamaan dan keteladanan. Dimana dengan keempat strategi yang telah dilakukan oleh Kak Ihan mampu dalam pembentukan karakter anak ketika berdakwah menggunakan dongeng boneka tangan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi dakwah, dongeng media |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 18 Des 2024 02:51 |
Perubahan Terakhir: | 18 Des 2024 02:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16018 |
Actions (login required)
Lihat Item |