Mardhiya, Anbar Zahra (2024) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Bentuk dan Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Irma Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PIAUD_201260051_Cover.pdf Download (134kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260051_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260051_Bab I.pdf Download (523kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260051_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (635kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260051_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (606kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260051_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260051_Bab V.pdf Download (299kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260051_Daftar Pustaka.pdf Download (424kB) |
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang semakin pesat namun, minat belajar peserta didik malah semakin berkurang maka dibutuhkan sebuah media aplikasi yang memanfaatkan situasi perkembangan teknologi agar dapat meningkatkan minat belajar, serta memudahkan pembelajaran. Salah satu produk yang saat ini sedang marak digunakan yakni game. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi berbasis android untuk pembelajaran pengenalan Bentuk dan Warna dan mengetahui tingkat keefektifan pada game edukasi berbasis android pengenalan bentuk dan warna. Media Game Edukasi berbasis Android ini dirancang untuk membantu anak mengenal Bentuk dan Warna pada anak usia 4-5 tahun di TK IRMA Kota Serang. Pengembangan media ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Model yang digunakan dalam penelitian ada 5 tahap yaitu analiysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa Game Edukasi berbasis Android layak diujicobakan. Uji coba terbatas pada 10 anak di TK IRMA menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif anak setelah menggunakan Game Edukasi berbasis Android. Skor pre-test rata-rata 48,5% meningkat menjadi 87,5% pada post-test, menunjukkan peningkatan rata-rata 39%. Dapat disimpulkan bahwa Game Edukasi berbasis Android ini terbukti efektif dalam membantu anak mengenal bentuk dan warna anak usia 4-5 tahun.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Game edukasi berbasis android, pengenalan bentuk dan warna, anak usia 4-5 tahun |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 12 Des 2024 03:10 |
Perubahan Terakhir: | 12 Des 2024 03:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15970 |
Actions (login required)
Lihat Item |