Beti, Muhamad (2024) Implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Kasus di SMK Negeri 4 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PAI_191210092_COVER.pdf Download (198kB) |
|
Teks
S_PAI_191210092_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (384kB) |
|
Teks
S_PAI_191210092_BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Teks
S_PAI_191210092_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (299kB) |
|
Teks
S_PAI_191210092_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (245kB) |
|
Teks
S_PAI_191210092_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (227kB) |
|
Teks
S_PAI_191210092_BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Teks
S_PAI_191210092_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait upaya-upaya mengimplementasi Projek Profil Pelajar Pancasila dalam pemelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 4 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek yang diamati dalam penelitian ini antara lain guru, proses pemelajaran pendidikan agama Islam, upaya-upaya guru dalam menanamkan nilai-nila Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) ke siswa, metode yang digunakan guru dalam pemelajaran pendidikan agama Islam. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduski data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasi penelitian menunjukan bahwa Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terimplemntasikan dengan baik dalam pemelajaran pendidikan agama Islam. Dalam menerapkan nilai-nilai P5 pada pemelajaran pendidikan agama islam melalui tiga tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. penerapannya untuk dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia yaitu dengan berdoa, tadarus, dan membaca asmaul husna; dimensi berkebhinekaan global yaitu dengan saling menghargai pada saat saling berpendapat; dimensi gotong royong yaitu pada saat diskusi yang mengharuskan siswa untuk saling gotong royong mencari dan mengumpulkan informasi; dimensi mandiri yaitu pada saat penilaian yang mengharuskan siswa untuk mandiri mengerjakan sendiri; dimensi bernalar kritis yaitu pada saat diskusi sesi tanya jawab; dan dimensi kreatif yaitu guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghasilkan projek yang dihasilkan dari hasil diskusinya seperti lembar diskusi, ppt, dan mind mapping. Metode pemelajaran yang digunakan guru diskusi, demonstrasi, talaqqi dan make a match. Fakator pendukung dalam mengimplementasi Projek Profil Pelajar Pancasila dalam pemelajaran pendidikan agama islam. Adapun faktor pengambatnya penerapan masih baru, pembimbing masih kurang memahami konsep P5, kesadaraan siswa masih kurang, lingkungan keluarga.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 06 Des 2024 08:56 |
Perubahan Terakhir: | 06 Des 2024 08:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15907 |
Actions (login required)
Lihat Item |