PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SUBANDI, SUBANDI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
0 Cover dll Subandi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
1-5 Bab I-V Subandi versi pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8MB) | Pra Tinjau

Abstrak

ABSTRAK Subandi, NIM : 1440101287. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK Negeri 1 Kragilan) Pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas. Sebuah hal yang positif jika sorotan yang ditunjukan kepada guru dianggap sebagai faktor utama yang memberi efek terhadap menurunnya kualitas pendidikan. Permasalahan proses pembelajaran yang sering dialami oleh guru Pendidkan Agama Islam dan perlu untuk diklarifikasi Pertama Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam, kedua Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam ketiga Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Pertama untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam, kedua untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam ketiga untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam. Dengan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan, upaya melibatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran seperti pembelajaran menemukan dan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam karena peserta didik diikut sertakan dalam pembelajaran dan menemukan sendiri konsep-konsep yang penting saat pembelajaran. Penelitian ini diarahkan untuk menyelidiki hubungan sebab berdasarkan pengamatan akibat yang terjadi, dengan tujuan memisahkan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung sesuatu variabel penyebab terhadap variabel akibat. Variabel sebab-akibat tersebut adalah penggunaan model pembelajaran dengan discovey learning dan problem solving terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam dibuktikan sig. 0,000< (0,05) dengan kontribusi sebesar 66,9%, (2). Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam dibuktikan dengan nilai sig. 0,000< (0,05) dengan kontribusi sebesar 68,1%, dan (3). Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam dibuktikan dengan nilai sig. 0,000< (0,05) dengan kontribusi sebesar 77,1% , adapun pengaruh faktor lain sebesar 22,9%. Kata kunci : Discovery Learning, Problem Solving, dan Hasil Belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Discovery Learning, Problem Solving, dan Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 14 Mar 2017 02:53
Perubahan Terakhir: 14 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.