Sahudi, Sahudi (2024) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI) dalam Meningkatkan Mutu Guru melalui Komunitas Belajar di MGMP-PAI SMP Kota Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_PAI_212621016_Cover.pdf Download (189kB) |
|
Teks
T_PAI_212621016_Lampiran Depan.pdf Download (768kB) |
|
Teks
T_PAI_212621016_BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Teks
T_PAI_212621016_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (407kB) |
|
Teks
T_PAI_212621016_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (204kB) |
|
Teks
T_PAI_212621016_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (417kB) |
|
Teks
T_PAI_212621016_BAB V.pdf Download (101kB) |
|
Teks
T_PAI_212621016_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program, menganalisis pelaksanaan kegiatan-kegiatan, optimalisasi peran MGMP PAI, serta fator-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu guru melalui komunitas belajar di MGMP PAI SMP kota Serang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi sumber yakni teknik untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama seperti pengamatan, observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang optimalisasi peran MGMP dalam meningkatkan mutu guru pendidikan agama Islam di SMP Kota Serang. Aktivitas dalam analisis data dengan mereduksi data, penyajian data secara sistematis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa program komunitas belajar merupakan solusi yang tepat dalam implementasi pembelajaran, sebagai wadah guru PAI adanya pelatihan, diskusi program dan berbagi praktik baik, optimalisasi peran MGMP dalam meningkatkan mutu guru dengan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Melalui aktivitas MGMP mewujudkan adanya peningkatan mutu guru hasilnya cukup baik karena peran MGMP yang optimal akan dimilki oleh guru yang berintelektual, professional, dan sosial. Adapun faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan mutu guru PAI di Kota Serang adalah sudah cukup baik, seperti guru yang ahli dibidangnya fasilitas yang memadai, dan jaringan internet yang stabil karena wilayah Kota Serang segala sesuatu terus lebih mudah dan bisa diakses dimana saja. Sedangkan yang menjadi hambatan terlaksananya program peningkatan mutu guru PAI melalui komunitas belajar yakni kurang antusias para guru anggota MGMP PAI dalam mengikuti pelatihan sehingga menyebabkan guru PAI yang lain tidak termotivasi, terkendalanya pemasukan sumber dana kegiatan karena iuran bulanan anggota MGMP yang minim, dan kurang pekanya sebagian guru PAI terhadap perubahan kurikulum merdeka, disebabkan keterlambatan responsif guru PAI yang berbeda-beda.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Komunitas Belajar MGMP, Mutu Guru. Peran |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Des 2024 07:43 |
Perubahan Terakhir: | 03 Des 2024 07:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15875 |
Actions (login required)
Lihat Item |