Rahman, Abd. (2024) Implementasi Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B Dan Paket C pada Lingkungan Pondok Pesantren Daar At Taubah Cikedal Pandeglang dan Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Saketi. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_222625219_Cover.pdf Download (169kB) |
|
Teks
T_MPI_222625219_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
T_MPI_222625219_BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Teks
T_MPI_222625219_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (552kB) |
|
Teks
T_MPI_222625219_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (185kB) |
|
Teks
T_MPI_222625219_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (662kB) |
|
Teks
T_MPI_222625219_BAB V.pdf Download (138kB) |
|
Teks
T_MPI_222625219_Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C yang ada di pondok pesantren Daar At Taubah Cikedal Pandeglang dan pondok pesantren At-Thohariyah Sodong Saketi. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif. Sumber data primer yang diperoleh berasal dari informan yaitu dari penanggung jawab program, tenaga pendidik, santri dan pengurus pondok pesantren Daar At Taubah Cikedal Pandeglang dan pondok pesantren At-Thohariyah Sodong Saketi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Program pendidikan kesetaraan Paket A di PKPPS Ath-Thohariyah dan Daar At-Taubah dianggap optimal dalam memberikan pendidikan alternatif yang mendukung pengetahuan umum para santri. Kurikulum yang adaptif, fleksibel, dan mandiri mendukung kebutuhan pendidikan santri tanpa mengganggu identitas pesantren sebagai lembaga tahfidzul Qur’an. 2) Faktor-faktor pendukung eksistensi PKPPS Ath-Thohariyah dan Daar At-Taubah meliputi kurikulum yang terintegrasi dengan Al-Qur'an, kualifikasi akademik tutor yang sesuai, lokasi pembelajaran yang berada dalam lingkungan pesantren, kerjasama tim yang solid,serta dukungan positif dari santri dan wali santri. 3) Di sisi lain, terdapat faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan PKPPS Ath-Thohariyah, dan Daar At-Taubah seperti keterbatasan fasilitas penunjang pembelajaran seperti ruang kelas, sarana prasarana pendukung, media, dan sumber belajar. Selain itu, keterbatasan tenaga pendidik juga menjadi kendala dalam pelaksanaan program. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode wawancara dan observasi dari pondok pesantren Daar At Taubah Cikedal Pandeglang dan pondok pesantren At-Thohariyah Sodong Saketi. Pada pelaksanaan program ini tidak lepas dengan problematika yang menjadi penghambat, begitu pula dengan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C yang ada di pondok pesantren juga ada beberapa problematika yang menjadi sedikit terhambatnya Pendidikan Kesetaraan Paket A, B,dan C di pondok pesantren.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Kesetaraan, Paket A B C, Pondok Pesantren |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Des 2024 03:45 |
Perubahan Terakhir: | 03 Des 2024 03:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15872 |
Actions (login required)
Lihat Item |