Ubudiah, Monica Mastuti (2024) Pengembangan Media Animasi Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan (R&D di Kelas IV MI Al-Falah Andamui Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PGMI_201240094_COVER.pdf Download (158kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240094_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (727kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240094_BAB I.pdf Download (249kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240094_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (966kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240094_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (442kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240094_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (606kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240094_BAB V.pdf Download (160kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240094_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan media video animasi pembelajaran powtoon untuk siswa kelas IV MI pada materi bilangan pecahan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi bilangan pecahan menggunakan video animasi powtoon kelas IV A. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima langkah model pengembangan ADDIE, yaitu: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation 5) evaluation. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan media video animasi pembelajaran powtoon pada materi bilangan pecahan di kelas IV MI Al-Falah Andamui yang mengandung audio, teks dan gambar animasi. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh dosen ahli materi menghasilkan skor presentase 92% dengan kategori Sangat Layak. Uji coba siswa menggunakan pre-test post-test. Hasil uji coba post-test menggunakan video animasi pembelajaran powtoon pada materi bilangan pecahan menunjukkan hasil presentase 80%. Dengan adanya peningkatan ini dapat menunjukkan bahwa media video animasi powtoon materi bilangan pecahan layak digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | ideo Animasi Powtoon, Pecahan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 02 Des 2024 07:47 |
Perubahan Terakhir: | 02 Des 2024 07:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15858 |
Actions (login required)
Lihat Item |