Suhada, Suhada (2024) Pengaruh Manajemen Kesiswaan dan Keteladanan Guru terhadap Karakter Disiplin Siswa MTs Negeri di Kabupaten Pandeglang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_222625222_Cover.pdf Download (356kB) |
|
Teks
T_MPI_222625222_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
T_MPI_222625222_BAB I.pdf Download (662kB) |
|
Teks
T_MPI_222625222_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (747kB) |
|
Teks
T_MPI_222625222_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (662kB) |
|
Teks
T_MPI_222625222_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (725kB) |
|
Teks
T_MPI_222625222_BAB V.pdf Download (306kB) |
|
Teks
T_MPI_222625222_Daftar Pustaka.pdf Download (770kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk melihat pengaruh manajemen kesiswaan terhadap karakter disiplin siswa di MTs Negeri Kabupaten Pandeglang; 2) Untuk melihat pengaruh keteladanan guru terhadap karakter disiplin siswa di MTs Negeri Kabupaten Pandeglang; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh manajemen kesiswaan dan keteladanan guru terhadap karakter disiplin siswa di MTs Negeri Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deksriptif explanatory dan inference, dengan menggunakan Angket sebagai alat untuk pengumpulan data. Sampel yang diambil adalah siswa pada MTs Negeri Kabupaten Pandeglang sebanyak 135 orang dari populasi sebanyak 2.601 orang. Untuk menentukan jumlah sampel mengikuti pendapat Suharsimi Arikunto dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Alat analisis yang digunakan adalah korelasi regresi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kausalitas atau hubungan pengaruh. Untuk menguji hipotesis yang akan diajukan dalam penelitian ini maka tekhnik analisis yang digunakan adalah SEM atau Structural Equation Modelling yang dioperasikan melalui program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Kesiswaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Siswa dibuktikan dengan koefisien determinasi 0,533. dengan hasil pengolahan nilai T statistik lebih besar dari T tabel bernilai 4,873 >1,96 dengan P value 0,000. Demikian juga variabel Keteladanan Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Siswa dibuktikan dengan koefisien determinasi 0,318 dengan hasil pengolahan nilai T statistik lebih kecil dari T tabel bernilai 2,125>1,96 dengan P value 0,000. Hasil pada summary ANOVA uji F atau dikenal dengan uji simultan untuk nilai P Value Manajemen Kesiswaan dan Keteladanan Guru adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05 dapat diartikan bahwa variabal independen baik Manajemen Kesiswaan dan Keteladanan Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap varibel Kedisiplinan Siswa secara simultan (bersamaan).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Kesiswaan, Keteladanan Guru dan Karakter Disiplin Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Des 2024 07:31 |
Perubahan Terakhir: | 02 Des 2024 07:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15856 |
Actions (login required)
Lihat Item |