VikaSari, Asri Yuni (2024) Kompetensi Manajerial dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SDIT Al-Hanif dan SDIT Tamaddun Cilegon. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_222625224_Cover.pdf Download (23kB) |
|
Teks
T_MPI_222625224_Lampiran Depan.pdf Download (549kB) |
|
Teks
T_MPI_222625224_BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Teks
T_MPI_222625224_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (421kB) |
|
Teks
T_MPI_222625224_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (92kB) |
|
Teks
T_MPI_222625224_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (354kB) |
|
Teks
T_MPI_222625224_BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Teks
T_MPI_222625224_Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) |
Abstrak
Keberhasilan peserta didik dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, memotivasi peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Sedangkan kepala sekolah bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya termasuk mengembangkan kompetensi guru dan menciptakan lingkungan kerja yang positif sehingga guru dapat bekerja secara optimal. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu kompetensi manajerial kepala sekolah mencakup menyusun perencanaan sekolah, memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah dan menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif. Supervisi akademik kepala sekolah mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervise akademik. Kompetensi pedagogik guru meliputi merancang, melaksanakan dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah. Untuk mengetahui supervisi akademik kepala sekolah. Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SDIT Al-Hanif dan SDIT Tamaddun Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menyusun perencanaan program-program sekolah secara efektif dan vi berkelanjutan. Pendayagunaan sarana dan prasarana secara optimal pada kegiatan akademik dan non akademik. Pendayagunaan sumber daya guru dengan strategi pembagian kerja, pembinaan guru, kesejahteraan guru, kolaborasi rekan guru. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif dilakukan komunikasi yang baik, pembinaan disiplin, pemberian motivasi, penghargaan, tidak bersikap subjektif dan memecahkan masalah bersama (2) Supervisi akademik kepala sekolah sesuai dengan prosedur supervisi dengan membuat jadwal supervisi dan melaksanakan observasi kelas, mengisi lembar observasi dan mengolah hasil observasi serta melakukan tindak lanjut dengan komunikasi yang baik, mentoring, pelatihan dan kolaborasi dengan rekan guru, (3) Kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran telah optimal, guru menyusun rencana pembelajaran menyesuaikan kebutuhan peserta didik, guru menyampaikan materi dengan ceramah interaktif dan media pembelajaran yang telah dipilih serta guru melakukan evaluasi pembelajaran melalui penilaian hasil tes tulis maupun lisan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi hambatan yang dihadapi kepala sekolah dan guru serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas Pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 26 Nov 2024 04:20 |
Perubahan Terakhir: | 26 Nov 2024 04:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15814 |
Actions (login required)
Lihat Item |